kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,79   -17,94   -1.94%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga Siapkan Bisnis Kabel Optik


Senin, 09 Juni 2008 / 11:10 WIB
Jasa Marga Siapkan Bisnis Kabel Optik


Sumber: KONTAN | Editor: Test Test

JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ingin mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan tanah sepanjang jalan tol. Belum lama ini, perusahaan pelat me­rah tersebut telah menyelesai­kan proyek pemasangan kabel serat optik di sepanjang ruas ja­lan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) hingga Bandung.

Emiten saham berkode JSMR itu sengaja membangun jaringan ini untuk memudahkan lalu-lin­tas data antara satu cabang de­ngan cabang lainnya. "Agar lebih efektif dan efisien," kata Frans Satyaki Sunito, Direktur Utama Jasa Marga kepada KONTAN, beberapa waktu yang lalu.

Okke Merlina, Sekretaris Per­usahaan Jasa Marga menambah­kan, kabel optik ini memiliki panjang sekitar 200 kilometer (Km). Pemasangan kabel yang telah selesai pada Januari 2007 itu menelan biaya Rp 18 miliar.

Menurutnya, pemasangan ka­bel optik ini merupakan bagian dari sistem peralatan tol. Tapi, Jasa Marga akan menyewakan kelebihan kapasitas kabel itu agar bisa menyumbang penda­patan tambahan.

Memang, kini, JSMR baru me­masang kabel serat optik di jalur tol Cipularang. Tapi, menurut Frans, dalam beberapa tahun ke depan, seluruh ruas jalan tol yang milik Jasa Marga mungkin akan dipasangi kabel optik.

Dalam menggarap proyek ini, JSMR tidak sendiri. Mereka ba­kal mengelola bisnis ini bersama mitra strategis. Sayang, Frans mengaku belum menentukan calon mitra. Yang jelas, Jasa Marga akan membandingkan para calon in­vestor itu. "Nanti akan kami kompetisikan, pihak mana saja yang tertarik," imbuh Frans.

Setelah menggaet investor itu, JSMR akan mulai menyewakan kabel optik tersebut. Kalau tak ada aral, proses komersialisasi kabel optik ini akan dimulai se­belum tahun 2008 berakhir.
Tapi, Frans bilang, Jasa Marga tak akan mengambil untung ter­lampau besar dari bisnis ini. Alasannya, komersialisasi atau penyewaan kabel optik bukan merupakan bisnis inti Jasa Mar­ga. "Yang paling penting sistem komunikasi antar cabang lebih modern," imbuhnya. Sebagai catatan, kabel optik ini juga akan menunjang rencana JSMR yang tengah mempersiapkan komputerisasi gerbang tol dan pemakaian smart card.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×