kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jababeka memacu kota mandiri segmen premium


Selasa, 17 Oktober 2017 / 11:00 WIB
 Jababeka memacu kota mandiri segmen premium


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kawasan Industri Jababeka Tbk, lewat anak usaha PT Grahabuana Cikarang akan mengembangkan Jababeka Residence menjadi kota mandiri bertaraf International bagi kalangan ekspatriat. Rencana pengembangan Jababeka Residence mencapai 500 hektare (ha).

Dari jumlah itu, masih berpotensi untuk dikembangkan hingga 800 ha. Ini merupakan bagian Kota Jababeka, yakni kawasan industri dan kawasan residensial yang telah dikembangkan emiten berkode saham KIJA itu sejak 1989.

Sementara pengembangan Jababeka Residence oleh Grahabuana Cikarang sudah dipersiapkan sejak 2013. Rencananya, pada 21 Oktober 2017, Grahabuana akan meluncurkan proyek Jababeka Residence dengan logo baru, sesuai pangsa pasar premium.

Sutedja Darmono Presiden Direktur Grahabuana Cikarang, mengungkapkan, pemilihan Jababeka Residence yang menyasar segmen menengah ke atas, karena pertimbangan pasar ekspatriat di kota Jababeka sangat besar. "Ada 10.000 ekspatriat di Jababeka. Ini yang kami lihat sebagai potensi pasar yang besar untuk mengembangkan Jababeka Residence sebagai kota mandiri yang bertaraf internasional," kata Sutedja, Senin (16/15).

Demi memuluskan target pengembangan kota mandiri internasional, Jababeka bakal gencar mencari mitra asing. Setelah terakhir menjalin kerjasama dengan pengembang asal Jepang, Creed Group, Grahabuana menjajaki kongsi dengan beberapa investor.

Sutedja tidak menyebutkan berapa calon mitra yang berkomunikasi untuk jalinan kerja sama bisnis tersebut. Dengan Creed Group, Jababeka membentuk perusahaan patungan yang a menggarap Jababeka Golf City seluas 3,7 ha di Jababeka Residence. Nilai investasi proyek ini ditaksir Rp 1 triliun.

Tahap pertama telah dirilis satu tower apartemen sewa bertajuk Kawana Golf Residence yang mengusung konsep Jepang modern. Total s234 unit apartemen dengan investasi Rp 300 miliar. "Sejak diperkenalkan 9 Oktober lalu, kami sudah mendapat nomor urut pemesanan sebanyak 50% dari total unit," klaim Sutedja.

Kelak, di Jantung Jababeka Residence akan disulap lahan seluas 180 ha untuk proyek Jababeka Golf City. Kini, di lokasi tersebut tengah dibangun superblok Mayfair Estate & Parklands seluas 16 ha, hasil joint venture PT Plaza Indonesia Realty Tbk dan Jababeka. Superblok ini ditargetkan rampung pada 2019.

Grahabuana juga menggandeng PT PP Properti Tbk, mengembangkan proyek Little Tokyo, terdiri dari enam tower apartemen dan mal ala Jepang. Proyek ini siap dirilis akhir tahun nanti.

Bermitra dengan Midplaza dan Kawan Lama Group, Grahabuana segera melempar properti komersial bertajuk Living Plaza. Sedangkan dengan Longlife Holdings Jepang, Grahabuana akan membangun senior living @D'Khayangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×