kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Itama Ranoraya (IRRA) menyediakan perangkat terapi plasma Covid-19


Selasa, 22 September 2020 / 22:29 WIB
Itama Ranoraya (IRRA) menyediakan perangkat terapi plasma Covid-19
ILUSTRASI. Itama Ranoraya (IRRA) memiliki produk untuk menunjang terapi plasma convalescent.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) terus berpartisipasi aktif dalam penyediaan alat kesehatan terkhusus untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia. IRRA sebagai emiten yang fokus di bidang solusi teknologi untuk pengadaan perangkat dan perlengkapan medis (HiTech Healthcare Solutions), memiliki produk untuk menunjang terapi plasma convalescent

Plasma convalescent merupakan suatu metoda alternatif penyembuhan dengan cara pemberian plasma darah dari orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 kepada pasien lain yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama. Terapi ini mendapat perhatian khusus dunia pasca pernyataan Presiden USA Donald bahwa FDA telah memberi izin emergency use untuk convalescent plasma sebagai terapi Covid-19.

Izin tersebut didasarkan atas tindakan terapi plasma convalescent yang dilakukan kepada 70.000 pasien Covid-19 di Amerika. Hasilnya terdapat 35% improvement of survival dari pasien Covid tersebut. Terapi plasma convalescent ini adalah metode terapi yang jauh sebelum adanya Covid-19, sudah diterapkan di dunia medis. 

Di Indonesia penggunaan terapi plasma convalescent untuk penyembuhan Covid-19 telah dilakukan di beberapa RS Rujukan Covid-19 seperti RSPAD Gatot Soebroto, Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin Bandung, Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati dan ke depan akan berkembang ke rumah sakit lain. 

Baca Juga: Distributor Alkes Rapid Test Corona Covid-19 Ini Tuntaskan Agenda Buyback Saham

Direktur Pemasaran dan Penjualan IRRA Hendry Herman mengungkapkan produk-produk IRRA seperti Screening Immunology dan Alat Pengambilan Komponen Darah saat ini sudah digunakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Rumah Sakit Vertikal dan Palang Merah Indonesia (PMI) dan pada kondisi darurat Covid seperti saat ini, permintaannya akan meningkat seiring dengan meningkatnya tindakan screening, pemeriksaan, pemisahaan komponen darah di UTD RS Pemerintah dan PMI di seluruh Indonesia . 

“Permintaan atau penggunaan alat ini dalam 2-3 tahun terakhir tumbuh cukup bagus dimana pelaggan kami didominasi oleh institusi pemerintah seperti oleh PMI dan Kementrian Kesehatan, dengan kondisi pandemi Covid , kami melihat penggunaan alat screening dan pemisahan komponen darah menjadi meningkat dengan sebaran permintaan semakin luas  ” terang Hendry dalam keterangan resmi, Selasa (22/9).

Pada tahun lalu, kontribusi pendapatan dari Screening Immunology dan Alat Pengambilan Komponen Darah mencapai 56% terhadap total pendapatan IRRA. Tahun ini, porsinya berpotensi meningkat. Untuk alat atau mesin pemeriksaan dan pemisahan komponen darah, IRRA menyediakan produk dari Abbott (architect dan Alinity) dan Terumo BCT (Spectra Optia dan Trima Accel). 

Baca Juga: Itama Ranoraya (IRRA): Alat rapid test sudah didistribusikan ke 15 korporasi

Alat-alat tersebut merupakan peralatan wajib dalam kegiatan Unit Transfusi Darah (UTD). Jumlah UTD di Indonesia saat ini sekitar 458 unit yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, terdiri dari 234 unit milik pemerintah baik pusat maupun daerah dan 224 lagi milik Palang Merah Indonesia (PMI). 

Berdasarkan data dari kementerian kesehatan Per 2019  jumlah RS sebanyak 2.344. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang solusi teknologi untuk pengadaan perangkat dan perlengkapan kesehatan IRRA saat ini memiliki 12 jaringan distribusi (sub-distributor) tersebar di seluruh Indonesia yang melayani pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. 

Profil pelanggan IRRA di dominasi instansi pemerintah seperti Kementerian Kesehatan, Palang Merah Indonesia, Dinas Kesehatan Daerah, rumah sakit pemerintah sampai Puskesmas. IRRA juga mendisribusikan produk ke rumah sakit swasta, private sector dan juga retailers.

Baca Juga: Itama Ranoraya (IRRA) impor dua jenis rapid test dari Korea Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×