kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah ringkasan berita bursa saham hari ini


Selasa, 21 Oktober 2014 / 05:01 WIB
Inilah ringkasan berita bursa saham hari ini
ILUSTRASI. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) bakal membagikan dividen sebesar Rp 710 miliar


Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

JAKARTA. Kami menyajikan sejumlah berita di halaman bursa saham Harian KONTAN edisi Selasa (21/10), sebagai berikut.

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR)

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) terus mengukuhkan cengkeraman pasar semen di Indonesia. Caranya emiten pelat merah ini kian rajin berekspansi dengan membangun pabrik. Kali ini, SMGR kembali menyasar Sumatera sebagai lokasi pembangunan pabrik baru.

"Kami menjajaki Aceh," ungkap Direktur Keuangan SMGR, Ahyanizzaman, Minggu, (19/10). Ia mengatakan, pabrik di Aceh bisa berkapasitas maksimal tiga juta ton per tahun.

Nantinya, pabrik semen di Aceh ini bisa mendistribusikan semen ke Aceh, Riau, dan lain-lain. SMGR akan mulai persiapan pembangunan pabrik semen di semester kedua 2015. Sehingga, pembangunannya dapat dilakukan di 2016.

Ahyanizzaman memperkirakan, investasi pabrik hampir sama dengan pabrik Indarung VI. Sekedar informasi, pabrik Indarung VI yang baru mulai dibangun di tahun ini menelan investasi Rp 3,84 triliun. Nantinya, SMGR akan mencari pinjaman bank untuk mendanai ekspansi.

Selain Aceh, SMGR juga tengah melirik pembangunan pabrik di Kalimantan. Ahyanizzaman bilang, perusahaan ini masih melihat nilai ekonomi yang terbaik dari daerah tersebut.

PT Indosat Tbk (ISAT)

PT Indosat Tbk (ISAT) berencana melunasi uang ganti rugi negara Rp 1,3 triliun. Ini akibat kasus penyalahgunaan jaringan 2,1 Gigahertz (GHz) atau High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) melalui anak usaha PT Indosat Mega Media (IM2). Kasus tersebut, menjerat mantan Direktur Utama PT IM2 Indar Atmanto.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung R Widyo Pramono mengungkapkan, telah berkomunikasi dengan ISAT membahas mekanisme pembayaran uang pengganti dalam kasus itu. "Mereka (pihak Indosat) menawarkan mencicil, tetapi perlu pemantapan, kewajaran penghitungan," kata Widyo, Minggu (19/10).

Menurut Widyo, jaksa telah membentuk tim negosiasi dengan Indosat. Bahkan, tim jaksa juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung Cuk Suryo S terkait persoalan ini. Kendati demikian, Widyo belum mau mengungkapkan kapan angsuran tersebut akan dibayarkan. Dia menambahkan, perlu pembicaraan khusus antara timnya dengan Indosat.

Corporate Secretary PT IM2 Andri Aslan mengaku, menyerahkan ke PT Indosat Tbk soal pembayaran uang ganti kerugian negara. Namun, Division Head Public Relations ISAT, Adrian enggan memberikan komentar.

Mahkamah Agung pada Juli 2014 telah memutuskan Indar bersalah dan dijatuhi hukuman pidana selama delapan tahun dengan denda Rp 300 juta subsidair kurungan enam bulan. Majelis kasasi juga menghukum IM2 membayar uang pengganti Rp 1,3 triliun.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) harus bekerja keras memenuhi target marketing sales tahun ini. Maklum, hingga kuartal III-2014 marketing sales PWON baru mencapai Rp 2 triliun atau sekitar 66,6% dari target akhir tahun senilai Rp 3 triliun.

Ivy Wong, Direktur Pengembangan Bisnis PWON, yakin, akan mencapai target marketing sales tahun ini. Secara historis penjualan PWON lebih kencang pada kuartal IV. "Kami optimistis, tren akan sama dengan tahun lalu,  di kuartal IV penjualan kami mencapai Rp 1 triliun," ujar dia, pekan lalu.

PWON memang hanya mematok target marketing sales yang sama dengan tahun lalu. Hingga saat ini, perolehan marketing sales PWON berasal dari penjualan kondominium di Jakarta dan Surabaya. Selain itu, proyek perkantoran di Surabaya, perumahan di Pakuwon City, dan Grand Pakuwon di Surabaya ikut menyumbang marketing sales.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×