: WIB    —   
indikator  I  

Ini 3 strategi perencanaan investasi bagi wanita

Ini 3 strategi perencanaan investasi bagi wanita

JAKARTA. Setiap orang membutuhkan strategi perencanaan keuangan, tak terkecuali wanita baik yang lajang maupun sudah menikah. Perencanaan keuangan untuk berinvestasi menjadi penting untuk dilakukan demi masa depan.

Hal inilah yang diungkapkan oleh Financial Planner Ligwina Hananto kepada Kontan, Jumat (5/10) di Jakarta Convention Center selepas memberi seminar "Finansial for Modern Woman".

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para wanita dalam merencanakan investasinya? Lignina menjawab, "Pertama, harus tahu mau punya aturan seperti apa. Memutuskan mau mengatur investasi atau mengatur lalu lintas keuangan," tutur Ligwina. Dia menambahkan, apabila kita sudah tahu mau mempunyai aturan seperti apa, bicarakan dengan pasangan sehingga bisa bertukar pikiran.

Kedua, mengetahui tujuan finansial. Tentunya, tegas Ligwina, tujuan finansial wanita yang masih lajang dan yang sudah menikah akan berbeda. Terlebih, banyak perempuan belum menikah yang cenderung  berpikir bahwa suaminyalah yang nantinya akan mengurus dirinya. "Padahal sekarang perempuan-perempuan itu banyak yang kerja. Jadi, yang seperti  ini yang harus kita sadarkan," terang perempuan penulis buku "Untuk Indonesia yang Kuat: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin" itu.

Ketiga, perhatikan dengan seksama soal produk investasi. Dalam hal ini diperlukan wawasan finansial. "Soal produk keuangan itu bisa belajar. Banyak produk keuangan, dia beli tapi dia tidak mengerti. Itu yang masalah. Jadi mau tidak mau adalah edukasi," tegas Ligwina.


Reporter Margareta Engge Kharismawati
Editor Barratut Taqiyyah

SEMINAR IFEF

Feedback   ↑ x
Close [X]