kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Industri farmasi paling terdampak rupiah


Senin, 23 Juli 2018 / 08:06 WIB
Industri farmasi paling terdampak rupiah
ILUSTRASI. Pabrik Obat Generik PT Hexpharm Jaya


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek negatif pelemahan rupiah tak terhindarkan, terutama bagi sektor yang banyak melakukan aktivitas impor dan memiliki rasio utang tinggi.

Sebagai gambaran, Jumat (20/7), kurs rupiah di pasar spot berada di Rp 14.495 per dollar AS. Sejak awal tahun, rupiah sudah melemah 7%.

Analis senior Paramitra Alfa Sekuritas William Siregar mengatakan, seluruh sektor industri pasti terkena dampak dari pelemahan rupiah. "Namun yang berpengaruh signifikan yaitu emiten yang banyak mengimpor bahan baku," katanya, Jumat (20/7).

William mencontohkan, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) yang mayoritas memasok bahan baku dari luar negeri.

Direktur Utama KLBF Vidjongtius mengakui, pelemahan rupiah mengerek biaya produksi, khususnya pada komponen bahan baku. Untuk meminimalisir efek kenaikan biaya produksi, perusahaan meninjau harga jual produk secara terbatas. "Selain itu, efisiensi internal dalam supply chain dan peningkatan produktivitas," tuturnya, Jumat (20/7).

Analis Artha Sekuritas Indonesia Juan Harahap sependapat, emiten pengimpor bahan baku, seperti KLBF dan PT Indofarma Tbk (INAF) bisa merugi. Selain itu, sektor penerbangan seperti PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) juga terpapar pelemahan rupiah. "Emiten-emiten ini agak sulit menekan kerugian akibat pelemahan rupiah, kecuali mereka menerapkan strategi hedging yang tepat atau minimal meninjau penjualan terhadap produk-produknya," kata analis Narada Asset Management Kiswoyo Adi Joe.

Namun, kata William, besar atau kecilnya kerugian karena pelemahan rupiah tergantung pada siklus bisnis dan strategi masing-masing emiten.

Beban utang dollar AS

William menambahkan, emiten yang memiliki leverage tinggi serta rasio utang terhadap ekuitas atau debt to equity ratio (DER) di atas 1 kali juga harus waspada. Sebab, di tengah berakhirnya era suku bunga rendah, emiten dengan DER tinggi akan mengalami peningkatan beban keuangan yang signifikan. "Apalagi jika BI mengaktifkan lagi SBI. Itu akan memberatkan keuangan emiten dengan beban utang besar," katanya.

Direktur LBP Institute Lucky Bayu menyebut, emiten sektor penerbangan seperti GIAA dan GMF AeroAsia (GMFI) rentan terhadap pelemahan rupiah. "Status utangnya masih didominasi mata uang dollar AS. Kinerja mereka hanya bisa disokong dengan penguatan rupiah," ujarnya, Minggu (22/7).

Selain itu, menurut Lucky, pelemahan rupiah yang diperkirakan mencapai Rp 14.550 per dollar AS, menyebabkan saham sektor farmasi masih berpotensi turun 4%-7% dalam jangka menengah. Itu sebabnya, ia menyarankan hindari KLBF dan KAEF

Mengutip konsensus Bloomberg, mayoritas analis merekomendasikan hold KAEF, dengan target harga 12 bulan di Rp 2.170. Sementara, KLBF masih direkomendasi beli dengan target harga Rp 1.501.

Kemarin, saham KAEF ditutup level Rp 2.280 dan KLBF di Rp 1.290 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×