: WIB    --   
indikator  I  

IHSG merangkak, inilah saham pilihan hari ini

IHSG merangkak, inilah saham pilihan hari ini

JAKARTA. Nilai transaksi yang terhitung tipis disertai sepinya sentimen pasar menyebabkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan pergerakan konsolidasi naik. Delapan dari 10 analis pada survei KONTAN memperkirakan, IHSG berpeluang melanjutkan penguatan hari kemarin.

Median support IHSG hari ini berada di angka 5.693,5. Sedangkan median resistance ada di level 5.771,5. (Baca Harian KONTAN edisi Selasa, 20 Juni 2017)

William Surya Wijaya, analis Indosurya Mandiri Sekuritas mengatakan, IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah pekan yang akan berlangsung pendek. "Pola pergerakan masih menunjukkan potensi kenaikan yang begitu besar," kata dia.

Menurut William, beberapa saham yang perlu diperhatikan untuk hari ini adalah HMSP, ROTI, LSIP, UNVR, TLKM, KLBF, SSMS, PGAS, dan ADHI.

Sedangkan Muhammad Nafan Aji Gusta, analis Binaartha Parama Sekuritas mengatakan, beberapa saham masih layak untuk akumulasi beli seperti INDF, SSMS, RALS, dan PWON. Nafan pun memperkirakan IHSG masih berpeluang melaju pada perdagangan hari ini. "Candle membentuk formasi bullish harami candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli," kata dia.

IHSG menguat 18,27 poin atau 0,32% ke level 5.741,91 pada perdagangan Senin (19/6). Bursa masih terhitung sepi dengan nilai transaksi Rp 5,19 triliun dan frekuensi 215.354 kali.

Perdagangan lebih ramai pada saham-saham lapis kedua dan ketiga. Ini terlihat dari volume yang mencapai 9,06 miliar saham. Lima saham dengan volume perdagangan tertinggi adalah MYRX, SRIL, BRMS, BUMI, dan RIMO.

Saham RIMO pun menjadi saham dengan pembelian bersih asing terbesar, yakni Rp 109,3 miliar. Transaksi terjadi di pasar negosiasi. 

Sedangkan pembelian bersih terbesar di pasar reguler adalah SMGR. Secara total, asing mencatat penjualan bersih Rp 51,2 miliar dengan penjualan bersih terbesar pada saham INDF, BBRI, dan ASII. 


Reporter Wahyu Tri Rahmawati
Editor Wahyu Rahmawati

IHSG

Feedback   ↑ x
Close [X]