: WIB    —   
indikator  I  

IHSG menguat didorong paket kebijakan ekonomi

IHSG menguat didorong paket kebijakan ekonomi

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,32% ke level 5.741,91 pada perdagangan hari ini (19/6). Penguatan tersebut didorong oleh rilis paket kebijakan ekonomi XV.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji bilang rilis paket kebijakan ekonomi jilid XV oleh pemerintah menjadi katalis positif untuk IHSG, sehingga mengalami capital inflow. Paket ini diyakini akan mampu mengatasi permasalahan logistik di tanah air.

"Adapun sektor perdagangan memimpin penguatan indeks, disusul oleh sektor infrastruktur dan konstruksi," ujar Nafan kepada KONTAN, (19/6).

Analis Mirae Asset Sekuritas Tasrul bilang lima sektor yang menjadi penguat indeks yaitu perdagangan 0,85%, infrastruktur 0,83%, finance 0,50%, consumer 0,05% dan agri 0,01%. "Sementara sektor penekan adalah sektor industri dasar 0,60%, mining 0,43% dan aneka industri 0,06%," ujar Tasrul.

Dengan demikian, kata Nafan, katalis tersebut bakal menjadi penentu arah IHSG hari ini yang akan menguat dengan range 5.719 - 5.757. Apalagi, secara teknikal terdapat formasi bullish harami candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation.

Berbeda, Tasrul malah memprediksi indeks bakal koreksi wajar hari ini dengan range 5.718 - 5.758


Reporter Hasyim Ashari
Editor Hendra Gunawan

IHSG

Feedback   ↑ x
Close [X]