kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG melemah 0,8% selama sepekan, ini penyebabnya


Jumat, 15 November 2019 / 19:05 WIB
IHSG melemah 0,8% selama sepekan, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,48% ke level 6.128 pada Jumat (15/11). Namun, selama sepekan terakhir IHSG telah melemah 0,80%.

Presiden Direktur CSA Institue Aria Santoso mengatakan, melemahnya IHSG selama sepekan terakhir tidak lepas dari ketidakpastian perjanjian dagang antara Amerika Serikat dengan China.

Selain itu, faktor sentimen jangka pendek juga membuat dana asing keluar dari pasar ekuitas Tanah Air. Hal ini terlihat dari net sell asing dalam sepekan yang mencapai Rp 909,42 miliar.

Baca Juga: IHSG menguat 0,48% ke 6.128 di akhir perdagangan Jumat (15/11)

Lebih lanjut, pelemahan indeks juga disebabkan oleh adanya balancing portofolio, salah satunya ke instrumen bond. Meski demikian, ia yakin pasar saham di Tanah Air masih diminati oleh investor asing.

“Melihat dari net buy di tahun 2019 yang mencapai lebih dari Rp 39 triliun, maka kepercayaan asing terhadap bursa Indonesia masih cukup tinggi,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (15/11).

Senada, Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi menilai melemahnya indeks selama sepekan tidak lepas dari fenomena balancing portofolio aset.

“Banyak juga yang prefer kepada asset yang volatilitasnya lebih rendah seperti government bonds,” ujar Lucky kepada Kontan.co.id.

Selain itu, ia menilai pertumbuhan pendapatan emiten yang berada di bawah perkiraan pasar juga turut menjegal pergerakan IHSG.

Untuk penguatan IHSG hari ini, Aria mengatakan terjadi akibat sentimen positif pengumuman neraca dagang oleh BPS pada hari ini.

Baca Juga: IHSG naik makin kokoh hingga akhir perdagangan sesi I hari ini

Di luar dugaan, kondisi neraca dagang Indonesia per Oktober 2019 mengalami surplus sebesar US$ 161 juta. Selain itu, menguatnya mata uang rupiah terhadap dolar AS juga memuluskan pergerakan IHSG hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×