: WIB    --   
indikator  I  

IHSG dibuka naik ikuti pasar regional akhir pekan

IHSG dibuka naik ikuti pasar regional akhir pekan

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rebound melaju di zona hijau mengikuti jejak bursa regional dan reli pasar AS, Jumat (21/4). Mengacu data RTI, indeks dibuka naik 0,31% atau 17,842 poin ke level 5.613,54 pukul 09.11 WIB.

Tercatat 133 saham bergerak naik, 43 saham bergerak naik, dan 85 saham stagnan. Volume di awal perdagangan sekitar 688 juta lot saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 560 miliar.

Enam dari 10 indeks sektoral mendukung penguatan IHSG. Sektor infrastruktur memimpin penguatan 1,93%. Sedangkan, sektor agrikultur paling dalam pelemahan 0,37%.

Investor asing masih mencatatkan posisi beli. Di awal perdagangan pagi ini, net buy asing sekitar Rp 109,135 miliar.

Asal tahu saja, pada sesi sebelumnya IHSG berakhir di zona merah. Sehari setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Pengamat pasar modal Lukas Setia Atmaja menyebutkan, pelaku pasar sudah mengantisipasi efek Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Toh, koreksi indeks saham hari ini dinilai wajar.

"Apalagi investor asing masih masuk ke pasar modal," katanya, usai talkshow Rahasia Sukses Investor dan Trader Bursa Saham Indonesia, Kamis (20/4).

Hingga akhir tahun ini, Lukas memprediksi IHSG berpotensi menanjak ke kisaran 5.800 hingga 6.000. Ekonomi yang stabil, ditambah pelaksanaan Pilkada DKI yang berlangsung damai dan lancar menjadi faktor pendorong IHSG.

Menurut Lukas, investor bisa memanfaatkan momentum rilis kinerja keuangan emiten di kuartal pertama tahun ini untuk mengatur ulang portofolionya. Misalnya, PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan kinerja memuaskan di kuartal pertama.

Di sisi lain, bursa saham Asia mengawali perdagangan akhir pekan,di zona hijau. Di tengah kehati-hatian menyusul teror di kota Paris Prancis menjelang putaran pertama pemilihan presiden.

Mengutip CNBC, pasar saham Asia tampak relatif tidak terpengaruh oleh berita utama di Eropa dan diperdagangkan lebih tinggi. Indeks acuan Jepang Nikkei 225 naik 0,77 % pada awal perdagangan. Indeks Kospi dan ASX 200 membuat kenaikan yang lebih moderat masing-masing 0,44 % dan 0,32 %.


Reporter Yudho Winarto

IHSG

Feedback   ↑ x