kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG berpeluang menguat terbatas menjelang pemilu


Selasa, 16 April 2019 / 06:28 WIB
IHSG berpeluang menguat terbatas menjelang pemilu


Reporter: Intan Nirmala Sari, Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (15/4). IHSG naik 0,46% ke 6.435,15. Meski demikian, investor asing terlihat masih melakukan aksi jual bersih alias net sell senilai Rp 344,79 miliar di awal pekan ini. Sementara indeks sektor yang mengalami penguatan terbesar adalah sektor aneka industri yang meningkat 1,33% dan sektor barang konsumsi yang naik 0,76%.

Analis Indo Premier Sekuritas Mino mengatakan, IHSG dibayangi musim laporan keuangan di AS dan harga komoditas. "Untuk faktor internal, surplus neraca perdagangan menjadi pengerek IHSG. Akibatnya rupiah ikut menguat," ujar dia.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menambahkan, pergerakan indeks pada hari ini dibayangi sentimen eksternal dan internal. "Sentimen eksternal datang dari penguatan Dow Jones. Sementara internal karena ada technical rebound dari saham produsen rokok GGRM dan HMSP. Selain itu, IHSG juga ditopang kenaikan saham konstruksi," terang dia, kemarin.

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki mengatakan IHSG masih berpeluang untuk menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (16/4). Meskipun perlu diakui, indeks masih rawan profit taking. "Sentimennya lebih ke lokal, menjelang dan pascapemilu. Selain itu, investor asing kemarin net sell setelah seminggu lalu net buy," kata Yaki kepada Kontan.co.id, Senin (15/4).

Apalagi, neraca perdagangan Indonesia dan China masih positif, disertai ekspor impor yang masih baik. Ditambah lagi, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga cenderung stabil. "Selain itu, pasar mulai memasuki earning seasons kuartal I-2019 juga," jelasnya.

Untuk hari ini, William memperkirakan, IHSG masih akan tetap naik. "Sedangkan sentimen yang mewarnai masih menanti hasil pemilu saja," kata dia. Dia memaparkan IHSG akan bergerak di kisaran 6.420–6.480. Dengan pilihan saham BBRI, BBTN, DYAN, WSKT, WIKA dan PTPP.

Sementara Mino bilang, sentimen Pemilu masih menggerakkan IHSG dengan potensi menguat terbatas. Dia menebak, level support IHSG di 6.405 dan resistance di 6.465. Yaki memperkirakan, IHSG akan cenderung bullish dengan level support 6.370 dan resistance 6.495.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×