kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG berpeluang menguat berikut saham yang bisa dicermati hari ini


Rabu, 13 Mei 2020 / 05:00 WIB
IHSG berpeluang menguat berikut saham yang bisa dicermati hari ini


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 1,09% pada level 4.588,73. Hari ini, Reliance Sekuritas memperkirakan peluang IHSG menguat masih terbuka. 

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas memperkirakan, pergerakan IHSG hari ini berpotensi terkonsolidasi seakan tidak mampu move on lebih jauh dari Moving Average 20 hari. Indikator stochastic memperlihatkan pergerakan negatif setelah IHSG tidak mampu break out dari MA50 sebagai konfirmasi penguatan. 

Baca Juga: Kekhawatiran gelombang kedua Covid-19 menekan IHSG, apa saran analis?

Indikator RSI sebagai momentum pergerakan pun terlihat flat pada middle ocsillator. "Sehingga kami perkirakan IHSG akan kembali bergerak mixed terkonsolidasi dengan kecenderungan mencoba bertahan pada zona positif dengan support resistance 4.560-4.716," proyeksi Lanjar. Beberapa saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya BRPT, CPIN, GGRM, TPIA, HMSP, MIKA dan SILO.

Dari eksternal, IHSG dipengaruhi pasar ekuitas berjangka AS yang turun di tengah tanda-tanda ketegangan baru dalam perdagangan AS-China setelah Trump memblokir investasi dalam ekuitas China pada dana pensiun pemerintah AS. Selanjutnya investor akan menunggu laporan minyak bulanan dari OPEC dan data transaksi berjalan Indonesia yang akan rilis makin melebar hingga -US$ 5,5 miliar dari -US$ 8,1 juta.

Selasa (12/5), IHSG melemah lantaran dibebani sektor keuangan. Outlook pertumbuhan kredit perbankan di kuartal I tahun ini melempem akibat pandemi. Serta peningkatan stok persediaan CPO melemahkan sektor pertanian. 

Baca Juga: IHSG besok diprediksi lanjutkan pelemahan, investor bisa mencermati saham-saham ini

Rilis data penjualan ritel indonesia yang turun signfikan -4,5% dari -0,8% di bulan sebelumnya menjadi beban bagi IHSG. Investor asing juga tercatat melakukan aksi jual bersih senilai Rp 1,04 triliun. 

Analis lain dari Indosurya Sekuritas, William Surya pun sepakat jika hari ini, IHSG berpeluang menguat di kisaran 4.502 - 4.776. Menurut dia, pergerakan IHSG sedang dalam rentang konsolidasi wajar. "Sentimen dari masih terjadinya capital outflow, namun peluang teknikal rebound masih cukup besar hal ini ditunjang oleh mulai rilisnya kinerja emiten kuartal I yang masih positif," kata dia. 

Untuk pilihan saham hari ini, William menyarankan, ROTI, UNVR, GGRM, HMSP, JSMR, SMGR dan ICBP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×