kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hotel Lotte akan masuk bursa saham


Kamis, 19 Mei 2016 / 11:54 WIB
Hotel Lotte akan masuk bursa saham


Reporter: Mona Tobing | Editor: Yudho Winarto

SEOUL. Hotel Lotte Co Ltd bakal melantai di bursa. Jaringan hotel terbesar Korea Selatan itu akan melakukan penawaran perdana alias initial public offering (IPO) pada bulan depan.

Sumber Reuters yang mengetahui rencana aksi korporasi ini membisikkan, dari IPO tersebut, Hotel Lotte menargetkan dana sebanyak US$ 4,85 miliar atau sekitar 5,7 triliun won. IPO anak usaha Lotte Group ini akan menjadi penawaran perdana terbesar sejak akhir 2015.

Tahun lalu, Lotte Group menyatakan, IPO Hotel Lotte ini sebagai upaya untuk menyederhanakan struktur kepemilikan akibat perseteruan kepemilikan saham antar keluarga di tubuh Lotte Group. Asal tahu saja, saat ini terjadi perseteruan keluarga mengenai siapa yang berhak memegang kendali Lotte Group, konglomerasi terbesar kelima Korea Selatan yang didirikan Shin Kyuk-ho.

Putra bungsu pendiri Lotte yang juga Chief Executive Officer Lotte GroupĀ  Shin Dong-bin tengah berseteru sang kakak, Shin Dong-joo, yang berupaya merebut kendali Lotte. Kasus ini sekarang tengah dalam proses hukum.

Perseteruan tersebut yang menjadi pertimbangan Lotte Group melakukan reorganisasi termasuk di Hotel Lotte lewat IPO.

Penawaran saham perdana Hotel Lotte ini menjadi perhatian utama investor lantaran merupakan IPO terbesar di Korea Selatan. Terlebih, Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar dunia.

Dengan target hingga 5,7 triliun won, nilai IPO Hotel Lotte menjadi IPO terbesar di Negeri Gingseng setelah sebelumnya Samsung Life Insurance Co Ltd yang melakukan IPO senilai 4,9 triliun won pada tahun 2010.

Ekspansi global

IPO tersebut juga menjadi penawaran terbesar di dunia sejak akhir 2015, setelah penawaran perdana Japan Post Holding Co Ltd yang menghasilkan dana US$ 5,7 miliar pada Oktober 2015.

Selain Hotel Lotte, perusahaan Korea lain yang akan melakukan listing di bursa pada tahun ini antara Samsung Biologics Co Ltd, perusahaan yang fokus pada obat dan manufaktur. Serta, Doosan Bobcat Inc yang merupakan perusahaan konstruksi.

Hotel Lotte akan menggunakan dana hasil IPO untuk ekspansi ke pasar global. Misal akuisisi hotel di luar negeri. Jurubicara Lotte Group menolak memberikan informasi mengenai rencana IPO ini termasuk penggunaan dananya.

Tahun lalu, Hotel Lotte telah mengambil alih New York Palace Hotel. Hotel Lotte menghabiskan dana sekitar US$ 805 juta untuk. akuisisi hotel di Negeri Paman Sam tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×