kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga tanah naik kencang, SMRA senang


Kamis, 21 Juni 2012 / 09:00 WIB
Harga tanah naik kencang, SMRA senang
ILUSTRASI. India telah memesan 300 juta dosis vaksin virus corona yang belum mendapat persetujuan. REUTERS/Danish Ismail


Reporter: Harry Febrian | Editor: Ruisa Khoiriyah

JAKARTA. PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) boleh jadi memiliki modal cukup kuat menghadapi tantangan di bisnis properti, tahun ini. Pengetatan uang muka kredit perumahan oleh Bank Indonesia (BI), bisa menjadi sentimen negatif industri properti.

Namun, dengan pemilihan strategi bisnis yang tepat, efek aturan yang berlaku mulai Juni 2012 itu mungkin bisa diantisipasi oleh emiten.
SMRA tetap menargetkan marketing sales sebesar Rp 3,5 triliun, tahun ini. Target itu naik 52% dari capaian tahun lalu. Optimisme SMRA tidak lepas dari capaian kinerja sejauh ini.

Sampai Mei lalu, 60% target penjualan mereka sudah tercapai setara Rp 2,1 triliun. Ini didukung oleh kenaikan harga tanah yang tinggi dan lajunya permintaan konsumen di tiga proyek SMRA. Yaitu, di Serpong, Kelapa Gading, dan Bekasi.

Kenaikan harga tanah di Serpong misalnya, mencapai Rp 8 juta per meter persegi, naik 33,3% dibanding tahun lalu. Harga tanah SMRA di Kelapa Gading naik 31,25% menjadi Rp 21 juta meter persegi. Di Bekasi, kenaikannya 37,5%, menjadi sekitar Rp 4 juta per meter persegi.

Tanah terbatas

Winny Rahardja, analis Valbury Asia Securities, mencatat, kenaikan harga di sektor properti di Indonesia memang tinggi. Tahun lalu, kenaikan harga, khususnya Jakarta, tercatat teringgi kedua teratas dibanding sejumlah negara lain di Eropa, Amerika maupun Asia.

"Meningkatnya harga dan penyaluran kredit properti memang menandakan adanya peningkatan permintaan atas proyek properti," katanya.

Liliana Bambang, analis JP Morgan, menambahkan, harga tanah di wilayah SMRA masih bisa terus naik. Di kawasan Kelapa gading, keterbatasan cadangan tanah membuat SMRA bisa mematok harga tinggi. Sedangkan pembeli juga terus berdatangan.

"Dalam dua bulan terakhir, mereka meluncurkan 5 produk residensial serta cluster dan 2 menara apartemen," kata Liliana.

SMRA juga dinilai unggul dalam ketahanannya menghadapi krisis. Tahun 2009 lalu, ketika para kompetitor tersaruk, SMRA mampu tumbuh 32%. Namun, investor perlu mencermati risiko keterbatasan cadangan tanah SMRA. "Hal itu bisa menghalangi ekspansi," ujar Liliana.

Proyeksi dia, pendapatan SMRA tahun ini bisa naik 19,6%. Sedang laba bersihnya bisa naik 25% menjadi Rp 492,433 miliar. Liliana merekomendasikan overweight dengan target harga Rp 2.100, mencerminkan PER 22,6x.

Natalia Sutanto dari Bahana Securities merekomendasikan beli dengan target harga Rp 2.350. Sedangkan Albert Saputro, Deutsche Bank, menyarankan beli dengan target harga Rp 2.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×