kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga saham emiten Grup Lippo berguguran


Kamis, 22 Februari 2018 / 09:30 WIB
Harga saham emiten Grup Lippo berguguran
ILUSTRASI. Kawasan Meikarta


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham emiten Grup Lippo tersungkur. Dalam setahun terakhir, saham emiten ritel Grup Lippo, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) merosot 63,35%. Saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) terpangkas 26,94%.

Tak cuma ritel, saham properti Grup Lippo pun menyusut. Saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) terkoreksi 34,42% dan saham PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) merosot 31,68%.

Analis Mirae Asset Sekuritas Taye Shim menilai, penurunan ini sebagian besar disebabkan faktor sektoral yang juga terkoreksi tajam. "Perlambatan konsumsi dan aliran uang ke perbankan secara kolektif menjadikan sektor properti dan ritel berada di fase underperform," kata Taye kepada KONTAN, Senin (19/2).

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji tak menampik ada beberapa hal yang menekan prospek Grup Lippo.Misalnya, penurunan peringkat utang LPKR.

Pada Rabu (14/2) lalu, Fitch Ratings menurunkan peringkat surat utang LPKR menjadi B+ dari sebelumnya BB-. Ini mencerminkan penurunan arus kas yang signifikan dari penjualan properti, seiring keputusan Grup Lippo mendivestasikan porsi saham di proyek Meikarta melalui Lippo Cikarang (LPCK).

Fitch menyebut, pada 31 Januari lalu, PT Mahkota Sentosa Utama, anak usaha LPCK yang membawahi Meikarta, telah menerima uang muka penjualan saham senilai Rp 2,5 triliun dari investor eksternal. Ini merupakan bagian dari total penjualan proyek Rp 4 triliun. "Jika penjualan sudah selesai, porsi saham Lippo di proyek ini akan turun jadi 27% dari 54%." tulis Hasira De Silva dan Robin Sutanto, analis Fitch Ratings, dalam keterangannya, pekan lalu.

Manajemen LPKR belum bisa dimintai konfirmasinya. "Untuk menjawab ini, besok saya koordinasi dengan board dulu," kata Head of Corporate Communication LPKR, Danang Kemayan Jati kepada KONTAN, Minggu (18/2).

Direktur Avere Mitra Investama Teguh Hidayat menilai, peringkat surat utang Fitch tak terlalu mempengaruhi fundamental LPKR. Apalagi, investor asal Singapura cukup mempercayai obligasi emiten Grup Lippo karena tak pernah gagal bayar. "Namun dalam jangka pendek, hal ini mempengaruhi pergerakan saham Grup Lippo," kata Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×