: WIB    —   
indikator  I  

Harga Minimal Private Placement MAIN Rp 2.844

Harga Minimal Private Placement MAIN Rp 2.844

JAKARTA. Rencana penerbitan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non HMETD) atau yang biasa disebut private placement PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN), sudah matang. MAIN menyebutkan bakal menerbitkan 169,5 juta saham yang setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dalam prospektus rencana private placement yang dirilis, Jumat (31/5), manajemen MAIN menerangkan, harga penawaran private placement tersebut minimal Rp 2.844 per saham. Jika merujuk pada harga penutupan perdagangan saham, kemarin, di level Rp 3.725 per saham, harga private placement MAIN terdiskon hingga 23,65%.

Atas dasar penetapan harga minimal private placement yang sudah ditetapkan MAIN, maka potensi dana segar yang bisa diperoleh sedikitnya mencapai Rp 482,06 miliar.

Manajemen MAIN akan meminta restu dari rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang diagendakan berlangsung 5 Juni 2013 mendatang. Jika disetujui, manajemen MAIN memiliki jangka waktu hingga dua tahun sejak RUPSLB, untuk melaksanakan aksinya itu. Hingga kini, siapa calon pembeli saham MAIN, masih belum jelas.

Demikian halnya dengan pihak yang kelak akan menjadi pembeli siaga atau standby buyer dari aksi korporasi emiten poultry itu.
Saat ini, Dragon Amity LtdĀ  tercatat sebagai pengendali MAIN dengan kepemilikan saham sebanyak 59,10%. Sedangkan, investor publik menguasai 40,9% saham MAIN. "Dana dari transaksi (private placement) ini akan digunakan untuk pengembangan usaha dan peningkatan modal kerja," terang manajemen MAIN dalam prospektusnya.

MAIN antara lain mengalokasikan dana hasil dari aksi private placement ini untuk membangun pabrik pakanĀ  ternak. Perusahaan ini juga menganggarkan pembangunan peternakan dari hasil private placement.

Tahun ini, MAIN berniat membangun dua pabrik pakan di Makassar, Sulawesi Selatan dan Semarang, Jawa Tengah. Untuk mewujudkan rencana tersebut, MAIN mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 250 miliar di 2013.

Dengan membangun dua pabrik pakan tersebut, MAIN mengharapkan kapasitas produksi pakan meningkat 50% dibandingkan kapasitas yang ada saat ini sebanyak 900.000 metrik ton per tahun. Artinya, jika dua pabrik pakan tersebut telah beroperasi, kapasitas produksi MAIN menjadi 1,35 juta metrik ton.


Reporter Narita Indrastiti
Editor Yuwono Tri

AKSI KORPORASI

Feedback   ↑ x
Close [X]