kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga komoditas anjlok, TINS merugi pada kuartal I


Jumat, 24 April 2015 / 17:26 WIB
Harga komoditas anjlok, TINS merugi pada kuartal I
ILUSTRASI. Militer Israel menunjukkan sebuah ruangan bawah tanah di sebuah rumah sakit anak di Gaza. Ruangan diduduga digunakan Hamas untuk menyimpan senjata dan menahan sandera.


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Turunnya harga jual rata-rata membuat kinerja PT Timah (Persero) Tbk (TINS) di kuartal-I tahun ini masih berat. Pada periode itu, TINS mengalami kerugian hingga Rp 19,1 miliar. Padahal di periode yang sama tahun lalu, laba bersih TINS mencapai Rp 95,02 miliar.

Beban yang tinggi memang menggerus keuntungan TINS. Padahal dari sisi pendapatan, TINS masih mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 9,5% year on year (yoy) menjadi Rp 1,35 triliun. Namun, beban pokok pendapatan TINS naik 32,57% menjadi Rp 1,2 triliun pada Kuartal I 2015. Hal ini membuat laba kotor TINS anjlok dari Rp 325,4 miliar pada Kuartal I-2014 menjadi Rp 145,95 miliar pada tiga bulan pertama tahun ini.

Agung Nugroho, Sekretaris Perusahaan TINS mengatakan, harga komoditas dunia yang telah turun sejak awal tahun ini mulai berdampak negatif pada kinerja TINS. Namun, ia yakin, pada Semester II-2015, harga komoditas bakal pulih seiring dengan pulihnya ekonomi dunia terutama Amerika Serikat.

Dari sisi produksi, TINS memproduksi 6.653 ton bijih timah atau naik 7,08% year on year (yoy) pada Kuartal I 2015. Sementara produksi logam timah meningkat 37,07% yoy menjadi 7.057 metrik ton, dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 5.148 metrik ton.

Di sisi lain, penjualan logam timah masih meningkat 22,82% menjadi 5.304 metrik ton. "Profit mengalami reduksi akibat turunnya harga jual rata-rata sebesar 18,73% pada Kuartal I-2015 menjadi US$ 18.936 per ton," ujar Agung, Jumat (24/4).

Turunnya harga komoditas pun membuat TINS harus mengakselerasi strategi bisnisnya. Misalnya saja, TINS akan menggenjot hilirisasi produk timah, yaitu timah solder dan tin chemical yang diproduksi PT Timah Industri. Pabrik tin intermediate perseroan akan selesai pada bulan Agustus mendatang dan bakal meningkatkan volume penjualan TINS tahun ini.

Selain mendorong sektor hilir, perseroan juga akan melakukan beberapa diversifikasi bisnis. MIsalnya saja dengan mendorong rumah sakit Bakti Timah yang berlokasi di daerah operasi TINS. Saat ini rumah sakit itu sudah berstatus Perseroan Terbatas (PT) dan bakal berkontribusi ke laba bersih perseroan.

TINS juga tengah berekspansi di bisnis properti. Di bidang ini, TINS bekerja sama dengan BUMN konstruksi seperti PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Ketiganya akan menggarap lahan TINS seluas 176 hektare di Bekasi, Jawa Barat. "Tahun ini harapannya sudah dapat berkontribusi ke profit perseroan," imbuhnya.

Meski di Kuartal I tahun ini TINS merugi, perseroan memiliki ambisi besar untuk melipatgandakan labanya tahun ini. Sukrisno, Direktur Utama TINS pernah bilang, dari diversifikasi bisnis, TINS bertekad meraup pendapatan sebesar Rp 10 triliun tahun ini dengan laba bersih Rp 1 triliun. Diversifikasi itu akan membuat porsi pendapatan dari produk timah akan berkurang menjadi 75% dari total pendapatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×