kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Naik Hari Ini Karena Ketegangan Geopolitik Menambah Daya Tarik Safe-Haven


Kamis, 11 April 2024 / 11:35 WIB
Harga Emas Naik Hari Ini Karena Ketegangan Geopolitik Menambah Daya Tarik Safe-Haven
ILUSTRASI. Harga emas naik pada hari Kamis, mengimbangi penurunan di perdagangan kemarin.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik pada hari Kamis, mengimbangi penurunan di perdagangan kemarin. Ketegangan geopolitik meningkatkan permintaan logam safe-haven.

Harga emas di pasar spot naik 0,6% menjadi US$ 2.345,56 per ons troi, pada Kamis (11/4) pukul 10.17 WIB. Bullion mencapai rekor tertinggi untuk hari kedelapan berturut-turut hingga Selasa. Emas berjangka AS juga naik 0,6% menjadi US$ 2.362,80 per ons troi.

“Harga konsumen yang lebih tinggi dari perkiraan untuk bulan ketiga berturut-turut tahun ini terus menguji toleransi inflasi The Fed,” kata ahli strategi pasar IG Yeap Jun Rong kepada Reuters.

Data semalam menunjukkan inflasi AS pada bulan Maret sekali lagi lebih tinggi dari perkiraan. Inflasi tinggi mengurangi kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Juni. CPI Inti naik 0,4%, di atas perkiraan kenaikan 0,3%.

Baca Juga: Yen Rontok ke Titik Terendah dalam 34 Tahun, Otoritas Jepang Siap Beraksi

“Pasar kini menyesuaikan diri dengan skenario suku bunga tinggi untuk jangka panjang, yang berarti aksi ambil untung jangka pendek pada harga emas semalam,” kata Jun Rong. Dia menambahkan bahwa penurunan harga tampaknya terbatas karena para pelaku pasar masih memandang emas sebagai lindung nilai yang baik terhadap ketegangan geopolitik.

Pembelian bank sentral yang kuat, arus masuk aset-aset safe-haven di tengah berlanjutnya risiko geopolitik, dan permintaan dana yang mengikuti momentum telah mendorong kenaikan emas batangan sebesar 14% sepanjang tahun ini.

Pejabat Fed bulan lalu khawatir bahwa penurunan inflasi mungkin terhenti. Sehingga diperlukan kebijakan moneter ketat dalam jangka waktu yang lebih lama, menurut risalah pertemuan bank sentral AS pada 19-20 Maret.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini, Kamis (11/4/2024) Naik

Seiring dengan data inflasi yang panas baru-baru ini, laporan pekerjaan AS yang kuat pada minggu lalu yang melampaui perkiraan juga menimbulkan lebih banyak pertanyaan mengenai kelayakan penurunan suku bunga tahun ini.

Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Harga perak spot naik tipis 0,2% menjadi US$ 28,03 per ons troi, setelah mencapai level tertinggi sejak Juni 2021 pada hari Rabu.

Platinum naik 1% menjadi US$ 968,90 dan paladium naik 0,3% menjadi US$ 1.054,10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×