INVESTASI
Berita
Grup Bakrie siap ambil kembali BUMI

KISRUH BUMI PLC

Grup Bakrie siap ambil kembali BUMI


Telah dibaca sebanyak 1653 kali
Grup Bakrie siap ambil kembali BUMI

JAKARTA. Grup Bakrie terus mematangkan strategi menghadapi rapat pemegang saham Bumi Plc, 26 Juni mendatang. Rapat itu membahas tukar guling dan pembelian kembali (buyback) saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dengan Bumi Plc.

Kabar barunya, Grup Bakrie mengaku telah menyepakati pelepasan jaminan 23,8% saham Bumi Plc milik Grup Bakrie dari Credit Suisse Singapura atas pinjaman US$ 193,97 juta yang diperoleh 12 Januari 2012 silam.

Sumber di Grup Bakrie menyatakan, Credit Suisse Singapura sudah setuju mengeluarkan saham Bumi Plc sebagai saham jaminan. "Grup Bakrie akan menggantinya dengan saham BUMI, hasil tukar guling," ujarnya, Kamis (17/6).

Sebelum bertransaksi dengan Bumi Plc, Grup Bakrie terlebih dahulu akan memisahkan kepemilikan bersama 47,6% saham Bumi Plc dengan koleganya, yakni PT Borneo Lumbung Energy dan Metal Tbk (BORN). Sebab, kepemilikan 47,6% saham Bumi Plc oleh Grup Bakrie dan BORN  dilakukan melalui dua special purpose vehicle (SPV) bernama Bumi  Borneo Resources Pte Ltd dan Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd. Dari pemisahan ini, baik Grup Bakrie dan BORN masing-masing akan menggenggam 23,8% saham Bumi Plc.

Bila RUPS Bumi Plc, 26 Juni mendatang, menyetujui proposal Grup Bakrie, maka lima hari setelahnya Grup Bakrie akan membayar US$ 278 juta sebagai mahar buyback 3,92 miliar (18,9%) saham BUMI dari Bumi Plc. Namun karena sudah menempatkan US$ 50 juta sebagai deposit, Grup Bakrie hanya akan membayar sisanya sebesar US$ 228 juta.

Sumber tersebut tidak menyebutkan akan ada kompensasi berupa dana tunai kepada BORN. Asal tahu saja, BORN telah menginvestasikan dana US$ 1 miliar dari hasil utang kepada Standard Chartered, untuk membantu investasi Grup Bakrie di Bumi Plc.

Apesnya, saham Bumi Plc yang juga menjadi aset BORN, harganya terus melorot seiring pertarungan Grup Bakrie dengan Nathaniel Rothschild. Saham Bumi Plc yang sejak 19 April lalu disuspensi otoritas bursa London, harganya cuma 2,59 GBP, atau anjlok 74,1% dari harga IPO sebesar 10 GBP.

Saat dihubungi, petinggi Grup Bakrie, Nirwan D. Bakrie tidak membantah kabar itu. "Kita lihat saja nanti ya," ujarnya.
Samin Tan, pemilik BORN  saat dihubungi KONTAN enggan menyebutkan detil skema pemisahan aset Bumi Plc dengan Grup Bakrie. "Tunggu pengumuman resminya ya," ujar Samin dalam pesan singkatnya, kepada KONTAN, Minggu (16/6).

Editor: Yuwono Tri
Telah dibaca sebanyak 1653 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..