kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Golden Energy Mines (GEMS) mendapat persetujuan rights issue 588,23 juta saham


Rabu, 12 Agustus 2020 / 19:15 WIB
Golden Energy Mines (GEMS) mendapat persetujuan rights issue 588,23 juta saham
ILUSTRASI. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), anak perusahaan Sinar Mas Group atau Sinarmas di bidang pertambangan batubara. Golden Energy Mines (GEMS) akan rights issue untuk menambah saham free float.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) bakal melaksanakan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue sebanyak-banyaknya 588,23 juta saham atau setara 10% dari modal disetor. 

Sekretaris Perusahaan Golden Energy Mines (GEMS) Sudin Sudirman mengatakan dengan disetujuinya rights issue, GEMS akan mempersiapkan segala sesuatu sesuai aturan yang ada. Saat ini GEMS belum menentukan waktu dan harga pelaksanaan rights issue. "Kami masih perlu koordinasi dengan lembaga profesi termasuk financial advisor karena pasar modal kan lagi kurang bagus," jelas Sudin kepada Kontan, Rabu (12/8). 

Sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lanjut Sudin, GEMS memiliki waktu satu tahun untuk menyelesaikan rencana rights issue tersebut. Saat ini, GEMS belum memiliki rencana yang membutuhkan dana hasil rights issue. Sudin menjelaskan GEMS menggelar rights issue ini untuk memenuhi ketentuan free float sebagaimana disyaratkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Baca Juga: Golden Energy Mines (GEMS) bagikan dividen Rp 132,6 per saham

Pasalnya saat ini saham free float GEMS tercatat telah memenuhi ketentuan minimal 50 juta saham dan dimiliki oleh minimal 300 pemegang saham. Namun dari persentasenya hanya 3% sehingga belum memenuhi ketentuan 7,5%. 

Lebih lanjut, di sisa tahun ini GEMS tidak mengubah strategi bisnisnya dengan tetap melakukan mitigasi dampak Covid-19. Golden Energy Mines masih fokus berupaya mencapai target produksi batubara sebanyak 27,2 juta ton di tahun ini. Target tersebut turun dari realisasi tahun lalu yang mencapai 30,8 juta ton. Di kuartal satu lalu, GEMS telah memproduksi 8,4 juta ton batubara. 

Dalam catatan Kontan.co.id, target yang dipasang lebih rendah tersebut sejalan dengan penyesuaian terhadap target produksi batubara nasional yang dipatok sebesar 550 juta ton di tahun 2020. 

Baca Juga: Sengketa hak waris keluarga Eka Tjipta, tuntutan Freddy Widjaja & aset Rp 737 triliun

Di kuartal I-2020 GEMS mencatatkan kenaikan penjualan 17,66% secara tahunan (yoy) menjadi US$ 316,65 juta dan laba bersih naik 54,61% menjadi US$ 33,15 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×