: WIB    —   
indikator  I  

Frekuensi transaksi FR0075 tertinggi di September

Frekuensi transaksi FR0075 tertinggi di September

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. FR0075 menjadi seri Surat Utang Negara (SUN) yang paling laris diperdagangkan di pasar obligasi sepanjang September. Mengutip Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), SUN seri FR0075 memiliki jumlah frekuensi transaksi sebanyak 3.874 kali.

Di belakangnya terdapat seri FR0074 yang memiliki jumlah frekuensi sebanyak 3.041 kali. Adapun FR0072 membuntuti di posisi ketiga sebagai seri SUN teraktif dengan jumlah frekuensi sebanyak 2.925 kali.

Fixed Income Fund Manager Ashmore Asset Management Indonesia Anil Kumar berpendapat, antusiasme investor lokal dan asing terhadap seri FR0075 memang tinggi. “Karena seri ini merupakan seri yang baru dirilis pada tahun ini oleh pemerintah,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, SUN seri FR0075 resmi diperdagangkan di pasar sekunder pada 11 Agustus 2017 dan akan jatuh tempo pada 15 Mei 2038. FR0075 juga disebut menjadi benchmark untuk seri bertenor 20 tahun.

Karenanya, investor yang biasa berkecimpung di instrumen jangka panjang dirasa perlu mengoleksi seri tersebut. Tingkat kupon FR0075 yang mencapai 7,5% dianggap Anil cukup menguntungkan untuk investasi jangka panjang. “Imbal hasilnya menarik sekalipun risikonya juga tinggi,” tambahnya.

Terlepas dari itu, Anil menyebut frekuensi transaksi FR0075 ke depannya akan bergantung pada minat investor di pasar sekunder. “Biasanya kalau frekuensinya sudah sampai di level tertinggi tertinggi yang kemudian diikuti penerbitan seri terbaru, investor nanti akan beralih dengan sendirinya,” imbuhnya.

Selain itu, tak tertutup kemungkinan juga besar atau tidaknya frekuensi transaksi FR0075 akan dipengaruhi oleh kebijakan BI dalam mengendalikan suku bunga acuan dan kondisi ekonomi global.


Reporter Dimas Andi
Editor Wahyu Rahmawati

OBLIGASI

Feedback   ↑ x