kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Faktor penentu keberhasilan investasi tanah


Rabu, 29 Maret 2017 / 13:32 WIB
Faktor penentu keberhasilan investasi tanah


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

Tanah menjadi salah satu pilihan investasi yang cukup dipilih banyak orang. Alasannya ialah potensi kerugian yang sangat kecil karena harga lahan atau properti relatif terus meningkat. Selain itu investasi ini juga sangat stabil untuk menghasilkan keuntungan.

Namun melakukan investasi tanah bukan tanpa hambatan dan resep jitu. Investasi ini juga memerlukan resep tersendiri agar bisa menghasilkan keuntungan. Berikut berbagai macam faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya investasi tanah.

Lokasi

Usahakan Anda memilih lokasi yang mudah terjangkau serta terpantau oleh Anda, ini berkaitan dengan pengawasan. Ada begitu banyak kasus bangunan liar yang berdiri di lahan kosong, alasannya karena jarang di pantau. Bila sudah terlanjur membeli tanah di luar daerah, lebih baik titipkan tanah tersebut pada orang yang dapat Anda percaya.

Jangan lupa Anda harus memperhatikan akses jalan. Hindari membeli tanah yang tidak mempunyai akses jalan karena investasinya bisa sulit untuk berkembang. Pertimbangan lainnya juga seperti sumber air. Cek seperti apa kondisi tanah apakah sudah sesuai?

Harga

Setelah lokasi tanah mendukung untuk dijadikan sebagai lahan investasi, pertimbangkan pula harga. Untuk masalah harga, harga yang harus Anda ukur bukan hanya harga yang sekarang ini ada, namun perkembangan harga beberapa tahun yang akan datang.

Apakah harga tanah beberapa tahun yang akan datang cukup menjanjikan? Atau harga tanah hanya naik sedikit saja dan sepi peminat. Jangan lupa, sesuaikan harga dengan budget yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Legalitas

Hal yang harus Anda cermati ialah apa status tanah yang akan Anda beli. Hal ini lah yang harus dikonsultasikan dengan PPAT atau notaris agar bisa membantu pengecekan. Jangan sampai Anda membeli tanah yang berada dalam kasus sengketa atau memiliki masalah dengan pihak bank.

Rencana pemerintah

Apa rencana yang dimiliki oleh pemerintah ke depannya? Apakah pemerintah berencana membangun infrastruktur di dekat tanah yang akan Anda jadikan sebagai lahan investasi? Jangan salah, rencana pemerintah seperti pembangunan infrastruktur ini begitu penting untuk Anda ketahui, karena dengan fasilitas yang lebih lengkap, harga tanah bisa menjadi semakin menancap.

Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×