kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Euro menguat jelang pidato Draghi


Kamis, 07 September 2017 / 19:23 WIB
Euro menguat jelang pidato Draghi


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Menjelang pidato yang akan disampaikan oleh Gubernur European Central Bank (ECB) Mario Draghi malam nanti, mata uang kawasan Zona Euro semakin menunjukkan sinyal penguatan. Pasar menaruh harap ECB mulai mengetatkan kebijakan.

Mengutip Bloomberg, Kamis (7/9) pukul 18.00 WIB, pasangan EUR/USD terlihat menguat 0,58% ke level US$ 1,1986. Pasangan kedua mata uang itu awalnya dibuka pada level 1,1917.

“Sebenarnya ECB saat ini berada dalam situasi pelik, bagaimana mengurangi stimulus tanpa mempengaruhi kondisi ekonomi yang mulai membaik,” ungkap Nizar Hilmy, analis PT Soe Gee Futures kepada KONTAN, Kamis (7/9).

Meski telah menguat sejak awal sesi perdagangan, penguatan ini masih tertahan akan kepastian rencana pengurangan stimulus ECB. Kalau dalam pidatonya, Draghi menyinggung tentang pengurangan stimulus dan menyampaikan pandangan terhadap penguatan mata uang euro belakangan, bisa jadi euro akan semakin melambung.

Sebaliknya kalau pidatonya cenderung dovish bisa jadi itu akan menjadi peluang euro kembali melemah dan pasar akan memanfaatkan untuk mengambil keuntungan setelah penguatan beberapa pekan lalu. Sejauh ini euro tercatat sebagai mata uang dengan penguatan terbaik yaitu, mencapai 13%.

“Kalau dari sisi dollar Amerika Serikat (AS), sekarang ini masih tertekan dengan pengunduran diri yang disampaikan Wakil Gubernur The Fed, Stanley Fischer. Ini yang menyebabkan greenback melemah,” paparnya.

Dengan pengunduran diri Fischer, artinya The Fed kehilangan dua puncuk pimpinannya. Gubernur The Fed Janet Yellen juga akan memasuki masa pensiun. Pergantian dua posisi strategis ini berisiko mempengaruhi arah kebijakan Bank Sentral AS selanjutnya.

Secara teknikal, saat ini hampir semua indikator menunjukkan sinyal penguatan pasangan EUR/USD. Harga bergulir di atas garis moving average (MA) 25 dan MA 10. Indikator moving average convergence divergence (MACD) berada di area positif. Relative strength index (RSI) bergerak naik menunju level 63 dan stochastic pun menguat ke level 63. "Untuk Jumat (8/9) kemungkinan ada penguatan dulu sebelum akhirnya balik koreksi,” imbuhnya.

Rekomendasi EUR/USD: Sell on resistance
Support: 1,1960 – 1,1940 – 1,1920
Resistance: 1,2030 – 1,2060 – 1,2080

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×