: WIB    —   
indikator  I  

Emiten ritel fokus ekspansi gerai di luar Jawa

Emiten ritel fokus ekspansi gerai di luar Jawa

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pergeseran pola belanja masyarakat yang beralih ke belanja online, sejumlah emiten sektor ritel mulai melirik peruntungan dengan membuka gerai di luar Pulau Jawa. Mereka di antaranya adalah PT Ace Hardware Tbk (ACES) dan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

ACES, misalnya, melihat bahwa saat ini rata-rata pertumbuhan penjualan per gerai atau same store sales growth (SSSG) dari gerai di Luar Jawa cukup memuaskan jika dibandingkan dengan SSSG di Pulau Jawa.

Sebab, SSSG di Luar Jawa hampir 13% untuk 10 bulan pertama di tahun 2017. "Sementara untuk area Jawa hanya sekitar 9%–11%" kata Helen Tanzil, Sekretaris Perusahaan ACES, saat ditemui KONTAN, Rabu (22/11).

Helen mengungkapkan, ACES akan ekspansi ke beberapa wilayah di luar Pulau Jawa tahun depan. Setidaknya, ACES akan membuka 10 hingga 15 gerai baru. Untuk itu, ACES menyiapkan belanja modal alias capital expenditure (capex) tahun depan sebesar Rp 200 miliar.

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) juga menyatakan bahwa pembukaan gerai di Luar Jawa merupakan salah satu strategi bertahan peritel di tengah gempuran pergeseran pola belanja konsumen yang saat ini sudah beralih ke pembelanjaan online.

Memang, saat ini terjadi penurunan tren belanja di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya dan Medan. "Tapi di sisi lain, ada kenaikan di daerah-daerah di secondary city di Jawa dan pulau lain, dan potensinya besar" kata Fernando Repi, Manajer Korporasi Korporat MPPA, Senin (27/11).

MPPA juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan ekspansi di tahun 2018. Meski belum bisa mengatakan berapa jumlah gerai ritel yang akan dibuka, Repi bilang, MPPA berharap bisa membuka gerai lebih banyak dibandingkan dengan total jumlah pembukaan gerai di tahun ini. MPPA akan memilih lokasi yang potensial. Daerah-daerah luar Pulau Jawa dan secondary city di Jawa bisa menjadi pilihan.

Meski demikian, Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya melihat bahwa Pulau Jawa masih mempunyai potensi pertumbuhan. "Saya kira pertumbuhan di Pulau Jawa masih belum terbatas," kata Christine.

Ia merekomendasikan hold saham ACES dan MPPA dengan target harga masing-masing Rp 1.490 dan Rp 640 per saham. Kemarin (28/11), harga saham ACES Rp 1.120 dan MPPA Rp 438 per saham.

 


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Dupla Kartini

EKSPANSI BISNIS

Feedback   ↑ x
Close [X]