kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi Indonesia stabil jelang pengumuman The Fed


Rabu, 01 November 2017 / 09:47 WIB
Ekonomi Indonesia stabil jelang pengumuman The Fed


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan depan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang baru akan diumumkan. Melalui cuitannya di Twitter, Presiden AS Donald Trump memastikan akan mengumumkan calon bos The Federal Reserve pada pekan depan.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, kondisi ini membuat timbulnya spekulasi yang membawa dampak terhadap stabilitas keuangan dunia. Hal ini juga ditambah dengan rencana pemotongan pajak korporasi yang dilakukan AS.

“Itu menimbulkan stabilitas yang tidak terjaga karena terjadi naik turun,” katanya di Gedung Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Selasa (31/10).

Adapun, dunia juga menyoroti rencana kenaikan suku bunga The Fed. Beberapa spekulasi muncul, di antaranya The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan pada Desember tahun ini. Selain itu, ada juga perkirakan kenaikan itu bakal berlanjut tahun depan sebanyak tiga hingga empat kali.

Tapi ditambah ada kepastian di bulan Oktober akan penurunan balance sheet AS khususnya The Fed. Kondisi itu berdampak pada sistem keuangan. Jadi kalau diikuti selama 4-5 minggu terakhir ini, memang kondisi itu yang banyak terjadi. "Kondisinya berdampak pada nilai tukar seluruh dunia dan ditandai dollar AS menguat dan dampaknya mata uang yang lain," ujar Agus.

Namun demikian, di Indonesia kondisi akan relatif terjaga. Pasalnya, neraca perdagangan Januari-September surplus sebesar US$ 10,87 miliar, lebih besar dari surplus tahun lalu sebesar US$ 6,4 miliar.

Year to date sampai 30 Oktober 2017, karena Indonesia di Mei mendapat rating layak investasi dari ketiga lembaga rating utama, dana yang masuk sebesar US$ 10,7 miliar ke pasar modal dan surat berharga negara (SBN),” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×