kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Digitalisasi bisnis, Kimia Farma gandeng Telkom


Rabu, 27 Desember 2017 / 16:38 WIB
Digitalisasi bisnis, Kimia Farma gandeng Telkom


Reporter: Riska Rahman | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. PT Kimia Farma Tbk (KAEF) menjalin kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi pelat merah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat digitalisasi di lingkungan bisnis KAEF.

Perwujudan kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama alias memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Utama KAEF Honesti Basyir dan Direktur Enterprise & Business Service TLKM Dian Rahmawan.

Digitalisasi yang dilakukan KAEF meliputi penyediaan infrastruktur cloud dan jaringan (network), hardware, serta sistem aplikasi terpadu. Sistem aplikasi yang disediakan oleh TLKM terdiri dari smart stock, omni channel, customer loyalty, big data analytics, integrasi klinik, program rujuk balik, serta layanan home care. Seluruh infrastruktur digital tersebut terintegrasi dengan enterprise resource planning (ERP) yang sudah diterapkan KAEF sejak Oktober 2016 silam.

Dian yakin, kerja sama ini mampu membuat KAEF menjadi pemimpin di industri pelayanan kesehatan di Indonesia. "Dengan kapabilitas ekosistem digital yang dimiliki TLKM, didukung infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau hingga ke pelosok Indonesia, kami yakin dapat mendorong penerapan digitalisasi ini demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat," ujar Dian di Bandung, Rabu (27/12).

Honesti pun mengapresiasi dukungan TLKM terhadap digitalisasi KAEF. "Penerapan digitalisasi dari hulu ke hilir terhadap value chain bisnis KAEF yang meliputi produksi sampai ritel ke apotek dilakukan untuk bisa menjadi perusahaan healthcare terkemuka yang memiliki daya saing global," papar Honesti.

Tak hanya itu, kerja sama ini pun bisa mempernudah proses bisnis dan meningkatkan customer experience yang bisa membuat pelayanan kepada konsumen lebih optimal. Selain itu, sinergi antara dua perusahaan pelat merah ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kedua BUMN di tingkat nasional maupun global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×