kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Danareksa Institute: Kepercayaan konsumen di bulan April turun


Jumat, 04 Mei 2018 / 19:45 WIB
Danareksa Institute: Kepercayaan konsumen di bulan April turun
ILUSTRASI. Konsumen Berbelanja di Pusat Perbelajaan


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Kepercayaan Konsumen bulan April turun 2,2% menjadi 98,5, utamanya kekecewaan berasal pada kondisi lapangan kerja saat ini. Tak hanya itu, indeks hasil garapan Danareksa Institute tersebut menunjukkan adanya sikap kurang optimistis pada prospek ekonomi dan lapangan kerja di masa depan.

Mengutip rilis yang diterima Kontan, sekitar 74,4% konsumen mengaku khawatir terhadap tingginya harga bahan pangan, kemudian sebanyak 39% konsumen mengaku khawatir terhadap isu kelangkaan kerja.

Hal ini tercermin dari dua komponen utama IKK yang mengalami koreksi, yakni Indeks Situasi Sekarang (ISS) yang turun 1,1% menjadi 81,4 lantaran adanya persepsi kondisi lapangan kerja saat ini lebih buruk.

Akibatnya komponen Indeks Ekspektasi (IE) turun 2,8% menjadi 111,4 pada bulan April. Penurunan indeks yang jadi cerminan harapan akan masa depan disebabkan oleh menurunnya optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dan prospek lapangan kerja dalam enam bulan mendatang.

Dengan menurunnya optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang, rencana belanja tahan lama juga mengalami penurunan pada bulan April.

Hal ini terlihat dari survei bahwa sebanyak 41,59% konsumen yang berencana membeli barang-barang tahan lama dalam 6 bulan mendatang, turun dari level 42,75% pada bulan Maret.

Walau demikian, bila dibandingkan optimisme tahun sebelumnya, rencana belanja ini masih lebih tinggi dibanding capaian pada level 39,79% pada periode sama tahun lalu.

Ada juga konsumen meyakini tekanan inflasi bakal meningkat dalam enam bulan mendatang. Indeks pengukur sentimen inflasi bulanan naik 1,3% menjadi 187,9 pada bulan April. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, indeks tersebut juga melampaui level 186.5 pada April 2017.

Penyebabnya adalah adanya anggapan harga bahan pangan bakal naik karena bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri pada bulan Mei dan Juni depan.

Tak hanya itu saja, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugasnya melemah pada bulan April. Setelah naik 4% menjadi pada survei sebelumnya, Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) turun sebesar 1,3% menjadi 106.3.

Pada survei terakhir, tiga komponen yang membentuk IKKP menurun dan dua komponen meningkat. Untuk sektor kepercayaan pada pemerintah, komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah menjaga stabilitas harga turun sebesar 5,7% menjadi 83,7 di bulan April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×