: WIB    --   
indikator  I  

Bursa Eropa sebagian besar menguat

Bursa Eropa sebagian besar menguat

KONTAN.CO.ID - Bursa saham Eropa sebagian menguat pada perdagangan Selasa (12/9). Indeks Stoxx 600 menguat 0,52% dengan penguatan di hampir seluruh sektor.

Indeks CAC melonjak 0,62% ke 5.209,01. Sedangkan indeks DAX naik 0,40% ke 12.524,77. Indeks IBEX 35 pun naik 0,13% ke 10.336,20. Sementara indeks FTSE 100 turun 0,17%.

Kenaikan sebagian besar bursa Eropa ditopang oleh penguatan di pasar saham Asia dan Amerika. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan kesepakatan peningkatan sanksi terhadap Korea Utara. Adanya sanksi ini menurunkan tensi global dan membawa efek positif ke pasar saham.

Sektor perbankan menjadi salah satu sektor dengan kenaikan tertinggi di bursa Eropa. Harga saham Deutsche Bank, Commerzbank, dan Banco BPM naik lebih dari 2,5% kemarin.

Salah satu penyebab penurunan bursa saham Inggris adalah inflasi yang tinggi di bulan Agustus. Berdasarkan data yang dirilis The Office for National Statistics pada Selasa, angka inflasi berada pada 2,9%.

Tingginya inflasi ini menambah tekanan bagi bank sentral mengubah kebijakan moneter. Bank of England akan bertemu pada Kamis ini untuk membahas kebijakan moneter. Kemarin, pemerintah Inggris juga mendapat persetujuan DPR untuk tahap pertama Brexit.


SUMBER : CNBC
Editor Wahyu Rahmawati

BURSA EROPA

Feedback   ↑ x
Close [X]