kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok batas cum dividen empat emiten ini


Kamis, 06 Juli 2017 / 22:15 WIB
Besok batas cum dividen empat emiten ini


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Ada empat emiten yang mencatat cum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada Jumat (7/7) pekan ini. Dari keempat emiten tersebut, PT Duta Anggada Reality Tbk (DART) tercatat sebagai pembagi dividend yield paling besar. Nilainya mencapai 8,47%. Emiten ini berencana membagikan dividen sebesar Rp 30 per saham yang rencananya pembayaran dividen tunai jatuh pada 14 Agustus 2017.

Cum date ini menjadi tanggal terakhir bagi investor yang mau membeli saham tersebut agar masuk dalam daftar penerima dividen yang sudah ditentukan.

Selain itu, ada pula PT Media Nusantara Media Tbk (MNCN) yang akan membagikan dividen. Emiten ini akan membayarkan dividen tunai pada 1 Agustus 2017. Dengan besaran dividen Rp 42 per saham, MNCN memiliki dividen yield sebesar 2,33%.

Angka tersebut, dengan asumsi harga penutupan saham MNCN yang bertengger di level 1.800. Sebagai catatan, saham MNCN sendiri selama beberapa waktu terakhir mengalami tekanan. Performa harga saham MNCN pun melemah 5,01% selama sepekan terakhir.

Ada PT Ultra Jaya Milk Industry Tbk (ULTJ) yang juga mengantri akan membagikan dividen tunai pada 1 Agustus 2017. Perusahaan yang bergerak di sektor consumer goods ini membagikan dividen sebesar Rp 26 per saham. Dengan asumsi harga saham penutupan perdagangan Kamis (6/7), maka ULTJ memiliki dividen yield sebesar 0,53%.

Terakhir PT Global Mediacom Tbk (BMTR) yang juga akan membagikan dividen sebesar Rp 5 per saham. Dengan asumsi di level saham 590 pada penutupan perdagangan Kamis (6/7), emiten ini memiliki dividen yield sebesar 0,85%. Rencananya, BMTR akan melakukan pembayaran dividen tunai pada 3 Agustus 2017.

Muhammad Nafan Aji analis Binaartha Parama Sekuritas menyatakan emiten DART dan MNCN menarik untuk diperhatikan oleh investor. Lantaran emiten tersebut, memiliki dividen yield yang tinggi. Menurutnya, bila dividend yield emiten masih dibawah 1% masih kurang menarik bagi investor. "Kalau dari sisi dividend yield-nya, DART memang lebih menarik," ujar Nafan kepada KONTAN, Kamis (6/7).

Dia mengungkapkan, emiten DART lebih menarik bila menjelang pembagian dividen. Namun, secara jangka panjang emiten ini masih kurang menarik. Katanya, DART memiliki price earning ratio (PER) saat ini hampir mencapai 37 kali. Hal ini membuat valuasi saham DART lebih tinggi. "DART menarik jelang pembagian dividen," katanya.

Namun, bila secara fundamental emiten MNCN masih lebih baik. Valuasi saham MNCN juga tergolong murah dan cocok untuk investasi jangka panjang. Menurutnya, MNCN menarik karena saat ini memiliki PER diangka 15 kali. Hal tersebut membuat harga saham MNCN masih tergolong murah dan layak diperhatikan.

Dia memproyeksikan kinerja MNCN pada 2017 akan mengalami kenaikan berkisar 8% dari total pendapatan. Sementara laba bersih 2017 diprediksi akan naik 30%. Dia merekomendasikan buy emiten MNCN dengan target harga jangka panjang dengan berada di level 2.200.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×