: WIB    —   
indikator  I  

Berpotensi jadi SUN acuan, FR0075 bakal diburu

Berpotensi jadi SUN acuan, FR0075 bakal diburu

JAKARTA. Seri surat utang negara (SUN) FR0075 menjadi seri terbaru yang ditawarkan dalam lelang SUN pada Selasa (8/8). Seri ini berpeluang menjadi seri acuan untuk tenor 20 tahun menggantikan seri acuan saat ini yaitu FR0072. 

Analis Obligasi BNI Sekuritas Ariawan memperkirakan, seri baru tersebut akan diburu investor, karena ada kemungkinan pemerintah akan menjadikan seri tersebut sebagai seri acuan untuk tenor 20 tahun pada 2018. "Jika seri ini dijadikan seri acuan, maka seri ini akan dilelang pemerintah hingga tahun depan," katanya, Jumat (4/7).

Prediksi Ariawan, likuiditas seri FR0075 di pasar sekunder akan cukup tinggi. "Sehingga investor akan sangat tertarik dengan adanya seri baru ini yang berpotensi sebagai seri acuan," imbuhnya.

Pada lelang SUN pekan depan, Ariawan memproyeksikan, SUN tenor panjang lebih diminati investor dibandingkan seri tenor pendek. "Yield tenor panjang relatif menarik, tenor 20 tahun di level 7,6%, masih menarik," kata Ariawan.

Namun, di sisi lain, SUN tenor pendek seperti SPN juga tetap diminati terutama bagi institusi perbankan yang biasanya memiliki horizon investasi jangka pendek.


Reporter Danielisa Putriadita
Editor Dupla Kartini

SURAT UTANG NEGARA (SUN)

Feedback   ↑ x