Bengkulu menyongsong Visit 2020 Wonderful Bengkulu

Jumat, 17 November 2017 | 20:28 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Bengkulu menyongsong Visit 2020 Wonderful Bengkulu


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) SDM Kepariwisataan. Kegiatan yang berlangsung sejak 8 November 2017. Cara ini adalah upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam menyongsong Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria mengatakan, kegiatan Bimtek diikuti 250 peserta yang terdiri dari aparatur Pemerintah Provinsi, ASN Kabupaten/Kota, Kelompok Sadar Wisata serta stakeholder pariwisata di Bengkulu.

"Karena Pemprov telah menetapkan program 'Visit 2020 Wonderful Bengkulu’ yang akan menjadi goal besarnya pariwisata Bengkulu. Salah satu poin utamanya adalah bagaimana menghasilkan SDM pariwisata yang andal yang akan diwujudkan melalui Bimtek ini," ujar Yudi dalam keterangannya, Jumat (17/11).

Selain itu, dalam menunjang proses 'Visit 2020 Wonderful Bengkulu', Pemprov juga telah menyiapkan 52 event yang akan digelar dalam satu tahun ke depan yang akan mengangkat potensi lokal ke kelas dunia.

"Salah satu yang dirancang secara besar adalah Sail Bengkulu yang akan menjual keindahan alam laut Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia," kata dia.

Ajang lainnya tentunya Festival Tabot Muharam yang selalu menyedot minat ribuan wisatawan setiap tahunnya serta Festival Bumi Rafflesia. "Semua kegiatan ini harus disinkronkan, penguatan SDM dan bagaimana promosi pemasarannya agar semua event ini layak jual untuk wisatawan," ujarnya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti mengatakan, Bimtek kali ini juga dimaksudkan untuk memberikan perspektif dan arah yang sama tentang program promosi Pariwisata di Bengkulu. "Selain itu juga untuk memahami potensi destinasi-destinasi wisata di Bengkulu," ujar Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kegiatan Bimtek sebagai salah satu upaya dan komitmen dari Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mewujudkan pariwisata sebagai salah satu leading sector. Ia pun berkomitmen akan mendung Penprov dalam mewujudkan "Visit 2020 Wonderful Bengkulu". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru