: WIB    —   
indikator  I  

BEI canangkan nabung saham di Lombok Tengah

BEI canangkan nabung saham di Lombok Tengah

KONTAN.CO.ID - LOMBOK TENGAH. Bursa Efek Indonesia (BEI) melangsungkan seremonial pencanangan masyarakat nabung saham Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Kamis (7/12). Melalui kegiatan yang telah disosialisasikan sejak September 2017 ini, Lombok Tengah kini punya 231 investor.

Pencanangan masyarakat nabung saham di Lombok Tengah merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman Desa Nabung Saham antara BEI, kustodian Efek Indonesia (KSEI) , dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Agustus 2017. Tak ketinggalan, program ini juga dijalankan bersama Trimegah Sekuritas.

"Wacana Lombok Tengah sebagai desa nabung saham sudah diterima BEI Juni 2017. Kegiatan sosialisasi dimulai sejak September. Sebagai apresiasi, malam ini kami juga akan membuka kantor perwakilan BEI di Lombok Tengah," ujar Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah M. Nursiah menambahkan, ukuran kemajuan ekonomi Lombok Tengah, seperti daya beli dan tingkat konsumsi terus mengalami peningkatan. Begitu pula dengan kesadaran masyarakat untuk menabung.

"Investor bisa untung 3 juta dengan modal yang tidak terlalu tinggi. Dengan itu, masyarakat bisa tertarik," tambah Nursiah. Antusias masyarakat pun tergambar dari peningkatan jumlah investor di Lombok Tengah.

Nicky mencatat, per 31 Juli 2017 jumlah investor di Kabupaten Lombok Tengah baru mencapai 77 investor. Namun, per 4 November 2017 lalu jumlah investor meningkat 3 kali lipat menjadi 231 investor.

Peningkatan jumlah investor ini tak lepas dari upaya Trimegah Sekuritas dan BRI memberikan kemudahan proses pembukaan rekening efek dan Rekening Dana Nasabah. Dalam hal ini Trimegah Sekuritas bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk memanfaatkan data kependudukan KTP elektronik.

Fasilitas tersebut membuat proses pembukaan rekening lebih cepat dengan waktu kurang lebih 10 menit. Selain itu, kualitas data investor dan pengenalan data nasabah (Know Your Costumer/KYC) juga semakin baik.

Sebagai informasi, selama tiga bulan terakhir di Kabupaten Lombok Tengah memang telah dilakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal secara signifikan oleh BEI, trimegah Sekuritas, dan BRI. Tak lain hal ini bertujuan meningkatkan jumlah investor baru di wilayah tersebut.


Reporter Nisa Dwiresya Putri
Editor Wahyu Rahmawati

YUK NABUNG SAHAM

Feedback   ↑ x