: WIB    —   
indikator  I  

Arus kas seret, WINS kaji restrukturisasi utang

Arus kas seret, WINS kaji restrukturisasi utang

JAKARTA. PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) berencana merestrukturisasi utang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat. Restrukturisasi ini perlu dilakukan untuk memperlancar posisi arus kas perusahaan.

"Saat ini kami sedang melakukan negosiasi dengan bank agar bisa merestrukturisasi utang-utang kami yang akan jatuh tempo," kata Sugiman Layanto, Direktur Utama WINS, Selasa (8/8).

Menurut Sugiman, penurunan pendapatan yang terjadi sepanjang semester I 2017 lalu, telah membuat arus kas perusahaan tidak lancar. Sehingga, WINS perlu bernegosiasi dengan kreditur agar dapat memperpanjang waktu pembayaran utangnya.

Di paruh pertama tahun ini, pendapatan WINS merosot 43,03% year on year (yoy) menjadi US$ 27,65 juta. Sementara itu, total kas dan setara kas WINS hanya sebesar US$ 8,36 juta, turun 35,13% dibandingkan posisi kas dan setara kas pada 31 Desember 2016 lalu.

Dana kas yang dimiliki itu tak mampu menutup utang WINS. Saat ini, WINS memiliki utang bank jangka pendek sebesar US$ 2,71 juta. Sedangkan utang bank jangka panjang mencapai US$ 69,53 juta. Beberapa di antaranya akan jatuh tempo tahun ini dan tahun depan. Utang yang segera jatuh tempo, misalnya saja utang ke Bank Mandiri sebesar US$ 25 juta dan Bank OCBC Singapura sebesarĀ US$ 39,72 juta.

Selain berupaya memperpanjang jatuh tempo utang, WINS juga akan menambah modal dengan menerbitkan saham tanpa hak memesan efek terlebih dahulu. Jumlah saham yang diterbitkan sebanyak 400 juta saham atau 9% dari total modal disetor.

Sugiman mengatakan, WINS membidik dana minimum sebesar US$ 7 juta dari private placement itu. Harga minimum saham baru ini ditetapkan Rp 258,48 per saham.

Pek Swan Layanto, Investor Relations WINS, mengatakan, aksi korporasi ini telah disetujui pemegang saham. Namun, waktu pelaksanaannya belum ditetapkan. Dari penerbitan saham baru itu, WINS berharap bisa memperbaiki struktur permodalan, memperbaiki rasio utang terhadap ekuitas, dan meningkatkan dana kas. WINS juga membidik US$ 7 juta dari aksi private placement.


Reporter Riska Rahman
Editor Dupla Kartini

0

Feedback   ↑ x