kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: Saham grup Lippo kompak naik karena isu penjualan Matahari Department (LPPF)


Selasa, 01 Oktober 2019 / 20:02 WIB
Analis: Saham grup Lippo kompak naik karena isu penjualan Matahari Department (LPPF)
ILUSTRASI. Matahari Department Store


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham-saham entitas perusahaan grup Lippo kompak menghijau pada perdagangan Selasa (1/10). Saham yang paling tinggi naiknya adalah PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang mampu menghijau hingga 260 poin atau 7,56% ke level Rp 3.690 per saham.

Saham Matahari Department Store dikabarkan kena efek dari kabar LPPF yang akan dijual. 

Namun ketika Kontan.co.id mengkonfirmasi isu ini ke Komisaris LPFF John Riady, dia hanya menyatakan, “Belum ada rencana untuk jual, masih belum waktunya,” ujarnya kepada Kontan.co,id, Selasa (1/10).

Namun John kembali menegaskan saat ini tidak ada rencana jual.

Baca Juga: Menutup September, IHSG Hari Ini Melemah 0,45% ke 6.169,10

Analis Sinarmas Sekuritas Paulina menyatakan melesatnya saham LPPF karena isu perusahaan peritel ini mau dijual. “Katanya valuasinya lebih besar dari harga sekarang, tapi masih belum tahu buyer profile-nya,” ujarnya.

Namun, menurut Paulina dampak aksi korporasi ini ke outlook perusahaannya tidak ada tapi akan ada perbedaan di controlling dan manajemen saja.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto meLPPF, anggota indeks Kompas100 ini, nambahkan melesatnya saham LPPF saat ini memang ada pengaruh dari isu yang beredar. 
“Sedangkan secara teknikal LPPF sudah breakout resistance di level Rp 3.220 jadi pelaku pasar akan lebih tertarik lagi untuk membeli sahamnya,” jelasnya.

William menyatakan saham LPPF kena efek dari sentimen dan teknikal yang mendukung secara bersamaan.

Perusahaan grup Lippo lainnya yang kompak menghijau adalah saham PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) yang sahamnya hari ini naik 35 poin atau 2,87% ke level Rp 1.255 per saham. Diikuti dengan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang valuasi sahamnya juga tumbuh 13 poin ke level Rp 188 per saham dan PT Multipolar Tbk (MLPL) yang sahamnya menghijau tipis 4 poin ke level Rp 90 per saham.

Baca Juga: Ini sejumlah penghuji indeks LQ45 dengan PER terendah, mana yang paling menarik?

William menyatakan karena sesama grup Lippo, maka akan terjadi spekulasi pada saham-saham lainnya yang satu grup.

Kendati demikian, saham yang naik karena isu juga harus diwaspadai. William bilang kalau isunya dibantah alias hoaks, valuasinya bisa turun lagi. Tapi kalau terbukti benar maka akan menguat dalam waktu lama.

Di tengah keadaan seperti ini William masih merekomendasikan investor untuk membeli saham LPPF selama frekuensi perdagangannya tinggi dengan target harga Rp 3.700 sampai Rp 3.900. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×