: WIB    --   
indikator  I  

Analis: Indeks Eropa tertekan aturan tembakau

Analis: Indeks Eropa tertekan aturan tembakau

JAKARTA. Tak hanya Asia yang mengalami tekanan, bursa Eropa brepotensi mengalami penurunan performa indeks pasar. Analis Binaartha Securities melihat hal tersebut sebagai respons negatif pasar pada rilis kinerja keuangan beberapa emiten.

"Sektor konsumer rokok terkena pukulan setelah Departemen Kesehatan AS mengumumkan rencana untuk mengeluarkan peraturan terkait kandungan nikotin dan tembakau," jelas Reza Priyambadaha analis Binaartha Securities kepada KONTAN, Senin (31/7).

Berdasarkan situs resmi Food and Drug Administration (FDA) AS pada akhir pekan lalu departmen kesehatan ini mengumumkan rencana akan melakukan regulasi lebih ketat kepada produk tembakau dan nikotin. Hal tersebut didorong untuk melindungi anak-anak dan mengurangi penyakit yang berkaitan dengan tembakau melalui Family Smoking Prevention and Tobacco Control Act.

Selain itu, Reza memperhatikan Indeks Stoxx600 melemah lebih dari 1% dengan mayoritas sektor melemah, terkecuali sektor migas yang bergerak positif.

Namun, indeks Eropa masih memiliki harapan untuk kembali menguat terbatas melalui rilis economic confidence zona euro yang meningkat selama kurun waktu 10 tahun terakhir.

Asal tahu saja, bursa Inggris FTSE 100 anjlok 1% ke posisi 7.368,37 di akhir perdagangan pekan lalu

 


Reporter Tane Hadiyantono
Editor Dessy Rosalina

BURSA EROPA

Feedback   ↑ x
Close [X]