kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ADRO meraih utang bank US$ 409 juta


Rabu, 30 November 2016 / 07:05 WIB
ADRO meraih utang bank US$ 409 juta


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) akhirnya mendapat kepastian pendanaan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 2x100 megawatt (MW) di Tabalong, Kalimantan Selatan. Konsorsium Adaro baru saja meraih utang sindikasi US$ 409 juta dari enam sindikasi bank.

Proyek yang dikerjakan PT Tanjung Power Indonesia (TPI) ini bernilai US$ 545 juta. TPI adalah konsorsium yang dibentuk PT Adaro Power dan PT EWP Indonesia, anak usaha Korea East West Power Co Ltd. Di proyek ini, ADRO memiliki 65% saham, dan 35% saham dimiliki EWP.

Mahardika Putranto, Sekretaris Perusahaan ADRO, mengatakan, enam bank yang siap mengucurkan utang di antaranya ada Korea Development Bank, The Bank of Tokto Mitsubishi UFJ dan DBS Bank.

Selain itu juga ada Mizuho Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corporation dan HSBC. Pinjaman yang diperoleh ADRO ini setara dengan 75% kebutuhan dana proyek. Nantinya, sisa kebutuhan dana proyek akan dipenuhi dari ekuitas masing-masing pihak.

Kelak, ADRO akan memberikan jaminan atas dukungan ekuitas yang dilakukan Adaro Power. "Total kewajiban kontinjen mencapai US$ 88 juta," ujar Mahardika, Selasa (29/11).

Nantinya, listrik yang dihasilkan oleh PLTU di Tabalong ini akan dijual ke PT PLN dalam tempo 25 tahun setelah konstruksi selesai. Selesainya pendanaan ini bakal menambah portofolio ADRO di proyek listrik.

Seperti diketahui, belum lama ini ADRO juga menuntaskan pendanaan proyek pembangkit listrik 2x1.000 MW di Jawa Tengah, di bawah PT Bhimasena Power Indonesia (BPI). BPI adalah konsorsium antara Electric Power Development Co Ltd (J-Power), PT Adaro Power (AP), dan Itochu Corporation (Itochu). Total investasi untuk proyek PLTU Batang itu mencapai US$ 4,2 miliar.

Raphon Prima, analis NH Korindo Securities, dalam riset per 24 November 2016 masih memberi prediksi positif bagi saham ADRO. Selain proyek listrik, bisnis ADRO akan terdorong kenaikan harga jual rata-rata batubara.

Harga jual rata-rata batubara ADRO di kuartal III naik menjadi US$ 42 per ton dibanding US$ 40 per ton di kuartal II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×