: WIB    —   
indikator  I  

Ada cuan dari melego balok Lego

Ada cuan dari melego balok Lego

JAKARTA. Waktu kecil, mungkin Anda doyan bermain Lego. Bahkan, mungkin di antara Anda masih ada yang sampai sekarang menikmati membangun sesuatu dari balok-balok Lego.

Tapi, mainan balok ini bukan hanya berfungsi sebagai hiburan, lo. Lantaran banyak dicari orang, mainan bikinan Ole ini mempunyai nilai investasi. Jadi, selain sebagai mainan, balok-balok Lego juga bisa menghasilkan keuntungan.

Dengar saja kisah Yudho Prabowo, seorang kolektor Lego. Ia bercerita pernah menjual mainan Lego seri pesawat Star Wars kesayangannya seharga Rp 37 juta. Padahal barang tersebut ia beli pada 2007 dengan harga Rp 5 juta.

Jadi, hitung sendiri berapa kali lipat cuan yang diperoleh Yudho. “Saat itu saya jual memang karena ada keperluan,” kisah Yudho, yang juga menjabat sebagai Ketua Komunitas Lego Indonesia.

Subiyanto Hasnida, pendiri Komunitas Indonesia Lego User Group (Indolug), juga membenarkan kisah untung dari investasi Lego. Ia mencontohkan balok Lego lain yang kini harganya selangit, yakni Lego Mr. Gold. Ini adalah keping Lego berbentuk orang yang berwarna emas.

Subiyanto bilang, figur Lego ini hanya berjumlah sekitar 5.000 item di seluruh dunia. Menariknya, produk seri Mr Gold ini dimasukkan dalam satu seri kemasan Lego yang isinya terdiri dari 60 mini figures.

Alhasil, pada saat diluncurkan, orang pun berlomba-lomba mencari Mr Gold itu. “Pada saat awal diluncurkan harganya murah sekali, hanya Rp 40.000,” ujar Subiyanto.

Penggemar Lego yang beruntung mendapatkan Mr Gold saat pertama diluncurkan kini bisa mereguk cuan. Dari beberapa transaksi di kalangan kolektor, ternyata harga Mr Gold saat ini sudah menyentuh Rp 17 juta.

Dahsyat, bukan?


Reporter Andi Muhammad Arief, Lamgiat Siringoringo
Editor Harris Hadinata

INVESTASI LEGO

Feedback   ↑ x
Close [X]