kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6.050 Menara milik Telkomsel akan dibeli Mitratel senilai Rp 10,3 triliun


Sabtu, 17 Oktober 2020 / 15:01 WIB
6.050 Menara milik Telkomsel akan dibeli Mitratel senilai Rp 10,3 triliun
ILUSTRASI. BTS Telkomsel


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyedia menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) akan membeli 6.050 unit menara milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Nilai pembelian menara tersebut mencapai Rp 10,3 trilliun.

Kedua anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom ini telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement/CSPA). Penandatanganan dilakukan pada Rabu, 14 Oktober 2020 di Jakarta.

Berdasarkan keterbukaan informasi TLKM, Jumat (16/10), setelah segala kewajiban perjanjian jual beli bersyarat terpenuhi dan kedua belah pihak menandatangani akta pengalihan, total menara telekomunikasi Mitratel akan bertambah menjadi lebih dari 22.000 unit. 

Sebagai informasi, berdasarkan laporan tahunan TLKM 2019, Telkomsel memiliki 18.000 menara telekomunikasi. Sementara Mitratel memiliki lebih dari 16.000 menara.

Baca Juga: Mengukur Prospek Saham TLKM: dari IPO Mitratel hingga Dampak Omnibus Law

Sampai saat ini Mitratel telah mengelola menara telekomunikasi yang tersebar di berbagai wilayah dan melayani semua operator seluler di Indonesia. 

"Pembelian menara telekomunikasi ini memperkuat fundamental bisnis dan menciptakan nilai tambah bagi Mitratel, sekaligus membantu Mitratel merealisasikan rencana jangka panjangnya," tulis manajemen TLKM.

Sementara itu, Telkomsel akan fokus pada bisnis utamanya, yakni sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Telkomsel juga akan fokus membangun ekosistem digital dan memberikan pengalaman digital connectivity terbaik bagi pelanggan Telkomsel.

Menurut manajemen TLKM, transaksi ini adalah bagian dari penataan portofolio bisnis Telkom untuk menciptakan nilai yang optimal bagi pemegang saham. Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang dikecualikan karena merupakan kegiatan usaha utama dari perusahaan terkendali.

Selanjutnya: Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) bukukan kenaikan pendapatan 12,9% per Juli 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×