: WIB    —   
indikator  I  

13 emiten siap mengucurkan dividen di BEI

13 emiten siap mengucurkan dividen di BEI

JAKARTA. Musim bagi-bagi dividen di Bursa Efek Indonesia (BEI) belum berakhir. Sedikitnya 13 emiten siap mengucurkan dividen kepada para pemegang saham. Ke-13 emiten menjadwalkan cum dividen dan ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pekan depan. RALS dan ROTI, misalnya, menetapkan cum dividen dan ex dividen masing-msing pada 23 Mei dan 24 Mei 2017.

RALS siap membagikan dividen Rp 36 per saham, sementara ROTI menyiapkan dividen Rp 13,73 per saham. Mengacu harga saham kemarin, RALS dan ROTI menjanjikan dividen yield masing-masing 2,6% dan 0,8%.

Adapun SIDO akan membagikan dividen Rp 26 per saham yang akan berlangsung pada 16 Juni 2017. SIDO menetapkan cum dividen pada 26 Mei 2017, dengan asumsi dividen yield sebesar 4,9%.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada menilai, ada beberapa hal yang bakal dicermati investor terhadap momentum pembagian dividen. Pertama, pasar akan melihat besaran dividen yang ditawarkan emiten. Kedua, investor juga membidik dividen yield emiten. Cuma, menurut Reza, tidak ada patokan maupun angka yang pasti yang bisa menjadi pertimbangan para investor terkait dividen yield.

Tapi, mengacu asumsi pasar, biasanya dividen yield akan menentukan naik turunnya saham sebelum pembagian dividen. "Pergerakan saham mengikuti dividen yield nya," ungkap Reza kepada KONTAN, Jumat (19/5).

Selain itu, payout ratio dividen juga akan diperhatikan. Contohnya, momentum pembagian dividen UNVR dan ITMG. Biasanya, investor bakal tertarik mengoleksi saham emiten yang membagikan dividen cukup besar. Dan, Reza bilang, gain saham akan ditunggu trader terutama untuk mengincar kenaikan harga sebelum cum date.


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

PEMBAGIAN DIVIDEN

Feedback   ↑ x
Close [X]