kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,34   -8,02   -0.86%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi para analis untuk saham MAPI


Senin, 17 Oktober 2016 / 20:26 WIB
Rekomendasi para analis untuk saham MAPI


Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Prospek emiten ritel PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) dinilai masih cukup bagus tahun ini. Dengan segmen bisnis yang beragam dengan merek-merek yang kuat, MAPI masih bisa mengantongi pendapatan yang lebih banyak lagi. Apalagi dengan ekspansi yang dilakukan perusahaan yaitu membuka gerai Zara pertama di Vietnam.

Melalui anak usahanya Mitra Adi Perkasa Vietnam Company Limited, gerai Zara ini menempati area seluas 2.400 meter persegi, terdiri dari dua lantai. Zara sendiri adalah merek internasional asal Spanyol milik Inditex Group. MAPI melalui gerai Zara menawarkan koleksi pakaian, sepatu, dan aksesori untuk wanita, pria, dan anak-anak.

Menurut Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee potensi pasar Vietnam bagi MAPI harusnya bisa bagus karena karakteristiknya mirip Indonesia. Hanya saja agak sedikit terbelakang dengan Indonesia dengan level gaji yang lebih rendah. Tak sedikit perusahaan Indonesia yang membuka cabangnya di Vietnam.

"Ekspansinya ke Vietnam adalah langkah awal MAPI untuk menekan resiko kursnya," kata Hans kepada KONTAN, Senin (17/10).

Hans mengatakan tahun lalu laba MAPI sempat tertekan karena rugi kurs. Dengan membuka gerai di luar negeri, resiko kurs bisa dikurangi. Namun, kontribusi penjualan Vietnam terhadap total pendapatan menurut Hans belum bisa dirasakan perusahaan tahun ini. Masih membutuhkan waktu. Memang komposisi pendapatan dari luar negeri masih kecil.

Ia menambahkan tantangan bagi MAPI adalah daya beli masyarakat dan kurs rupiah. Untungnya daya beli masyarakat menengah ke atas masih cukup kuat dan penguatan mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Sehingga bisa cukup menguatkan MAPI dari sisi laba di tahun ini.

Sementara menurut analis Panin Sekuritas Frederik Rasali ekspansi gerai di Vietnam tidak terlalu signifikan karena ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan MAPI. Pertama membuka di geografis baru artinya harus memiliki infrastruktur yang baru dimana fix cost perusahaan akan meningkat pesat.

Lalu membutuhkan marketing expense untuk memperkenalkan brand MAPI sebelum meraup keuntungan. Serta biaya penyesuaian perusahaan dengan budaya dan aturan-aturan lokal yang membutuhkan waktu.

"Intinya masih butuh waktu sebelum membuktikan investasi ini berhasil," ujar Frederik.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×