kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rating AISA turun, analis: tunggu sentimen positif


Selasa, 16 Januari 2018 / 22:35 WIB
Rating AISA turun, analis: tunggu sentimen positif
ILUSTRASI. Kasus beras oplosan


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) menerima penurunan rating menjadi idBB+ dari Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo. Berbarengan dengan rilisnya rating perusahaan tersebut, Pefindo juga mengeluarkan rating idBB+ kepada obligasi dan sukuk ijarah AISA.

Dengan keluarnya peringkat tersebut, Obligasi I Tahun 2013 yang diterbitkan AISA telah didowngrade. Sebelumnya, obligasi tersebut mendapat rating idBBB.

Analis Binaartha Parama Sekuritas M. Nafan Aji menilai debt to equity ratio (DER) yang dimiliki AISA memang cukup tinggi. Secara historis, Nafan mencatat bahwa di tiga tahun terakhir, per kuartal-III, DER AISA selalu berada di atas 1 kali. “Jadi memang ada peningkatan kewajiban yang harus mereka bayar,” ujar Nafan, Selasa (16/1).

Nafan melihat penurunan rating oleh Pefindo juga menjadi sinyal bahwa AISA harus meningkatkan kinerja. “Di samping itu, perusahaan harus memperbaiki citranya sebagai perusahaan yang memiliki tata kelola perusahaan yang baik. Penurunan rating itu juga membuat kepercayaan investor berkurang,” tambah Nafan.

Secara bisnis, Nafan melihat bahwa permintaan beras di Indonesia tergolong baik. Jadi, ada peluang bagi AISA untuk memanfaatkan momen tersebut. Namun, sejauh ini Nafan menilai AISA masih minim sentimen yang menunjukkan bahwa kinerja akan membaik.

Karna itu, dia rekomendasikan netral untuk saham AISA. Investor menurutnya perlu wait and see hingga ada sentimen positif yang menghampiri AISA. “Secara valuasi harga sahamnya lumayan terdiskon. Secara daily, harga saham sudah konsolidasi,” ujar Nafan.

Adapun pada penutupan perdagangan Selasa (16/1), saham AISA stagnan di harga Rp 476 per saham. Di hair yang sama tercatat price earnings ratio (PER) sebesar 6,61 kali dan earning per share sebesar 72.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×