kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rangkuman analisa market ala Binaartha


Rabu, 16 Agustus 2017 / 08:05 WIB
Rangkuman analisa market ala Binaartha


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kemarin sore (15/8), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 33,55 poin atau 0,58% ke level 5.835,04. Berdasarkan data RTI, ada 199 saham naik, berbanding 134 saham yang turun. Sedangkan, 117 saham lainnya stagnan.

 

Untuk hari ini, Binaartha merangkum sejumlah sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan market. Berikut penjelasannya.

Asia:

Anggapan berkurangnya ketegangan politik antara Korea Utara dan AS memberikan sentimen positif pada jalannya laju bursa saham Asia. Pelaku pasar pun kembali bersemangat masuk kembali untuk bertransaksi sehingga membantu sejumlah indeks saham Asia berada di zona hijaunya. Berkurangnya minat akan mata uang safe haven membuat mata uang JPY bergerak turun dan langsung direspon positif dengan penguatan Nikkei. Di sisi lain, maraknya aksi beli pada saham-saham IT, jasa telekomunikasi, dan properti Australia berhasil membuat ASX bertahan. Ramainya aksi beli juga terjadi pada sejumlah indeks saham Asia lainnya.

Zona Eropa:

Kondisi penguatan juga terjadi pada bursa saham Eropa seiring anggapan meredanya ketegangan AS-Korea Utara. Minat atas aset-aset berisiko seperti saham pun kembali meningkat yang terefleksi pada meningkatnya aksi beli pelaku pasar sehingga berimbas pada menghijaunya kondisi sejumlah indeks saham Eropa. Saham-saham basic resources bersama dengan saham-saham di sektor makanan-minuman serta otomotif mampu bertahan di zona hijaunya. Akan tetapi, saham-saham migas melemah setelah terimbas penilaian melemahnya permintaan migas dari Tiongkok dan meningkatnya produksi OPEC. Menghijaunya sejumlah indeks sektoral tersebut berimbas pada laju indeks pan-european stoxx 600 yang naik 0,09 persen.

AS:

Aksi jual tampaknya mulai terjadi pada bursa saham AS sehingga berimbas pada melemahnya sejumlah indeks saham. Hanya indeks DJIA yang mampu bertahan positif meski belum kembali ke level psikologisnya di 22 ribu. Adanya rilis kinerja dari beberapa emiten komponen otomotif yang di bawah ekspektasi direspon negatif pelaku pasar. Adanya rilis pertumbuhan kinerja yang baik dari sektor perbankan dan kenaikan data penjualan ritel tampaknya tidak mampu membuat sejumlah indeks saham tersebut bertahan di zona hijau seiring dengan aksi ambil untung yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×