kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PSKT akan tawarkan 4 miliar saham baru


Selasa, 07 Februari 2017 / 21:13 WIB
PSKT akan tawarkan 4 miliar saham baru


Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Emiten perhotelan PT Red Planet Indonesia Tbk (PSKT) akan menggelar penawaran umum terbatas II dengan menggunakan hak memesan efek terlebih dulu (HMETD) atau rights issue. Dalam prospektus perusahaan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), hari ini (7/2) menjelaskan, rencananya rights issue ini akan dilaksanakan pada 20 Februari 2017 mendatang.

Emiten dengan kode PSKT ini akan menawarkan 4 miliar lembar saham baru atau sekitar 37,50% dari modal yang disetorkan dengan nominal Rp 100 per saham. Jumlah dana yang akan diterima oleh Red Planet dalam rights issue ini sekitar Rp 408,9 miliar.

Setiap pemegang lima lembar saham lama yang namanya tercatat sampai 16 Februari 2017 berhak atas tiga HMETD. Red Planet Holdings Limited selaku pemegang saham utama PSKT akan melaksanakan haknya sesuai dengan kepemilikan dalam PUT II yaitu sebanyak 2,7 miliar lembar saham. "Pembelian saham baru ini sesuai dengan hak yang ada pada perusahaan," ungkap manajemen dalam prospektus tersebut. 

Jika saham baru yang ditawarkan dalam PUT II tidak seluruhnya diserap oleh pemegang HMETD, sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya. Dan jika setelah ini masih tersisa saham baru, Red Planet Holdings Limited akan mengambil saham dengan jumlah sebanyak-banyaknya 79 juta lembar saham.

Hasil dari penawaran umum ini rencananya RP 142,8 miliar akan digunakan untuk membayar lunas utang seluruh anak perusahaan di antaranya yaitu PT Red Planet Hotel Bekasi, PT Red Planet Hotel Makassar, PT Red Planet Hotel Palembang, PT Red Planet Hotel Pekanbaru, PT Red Planet Hotel Solo, PT Red Planet Hotel Surabaya, PT Red Planet Hotels Indonesia kepada PT CIMB Niaga Tbk. "Dana tersebut akan dimasukkan sebagai penyertaan modal," ungkapnya.

Kemudian sekitar Rp 110 miliar akan digunakan untuk pengembangan proyek baru yang berlokasi di Jabodetabek yang rencananya akan mulai pada akhir kuartal-I 2017 dan barang modal yang salah satunya adalah renovasi lobby dan area depan hotel Red Planet Pasar Baru. Renovasi ini sudah dimulai sejak Januari 2017.

Sekitar Rp 9 miliar akan digunakan untuk modal kerja dan sekitar Rp 12 miliar akan digunakan untuk pembayaran utang kepada pihak berelasi yakni Red Planet Holdings (Indonesia) Limited. Kemudian Rp 130 miliar akan digunakan untuk membayar utang kepada pihak berelasi yaitu kepada Red Planet Holdings (Indonesia) Limited dan Red Planet Hotels Limited.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×