kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Net buy asing jadi sinyal positif bagi laju IHSG


Kamis, 24 Mei 2018 / 17:19 WIB
Net buy asing jadi sinyal positif bagi laju IHSG
ILUSTRASI. Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinyal positif mulai terlihat di pasar saham domestik pada pekan ini. Investor asing mulai melakukan akumulasi beli.

Berdasarkan data RTI, pada Rabu (23/5), investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp 559,32 miliar. Dilanjutkan pada perdagangan hari ini (24/5) dengan nilai net buy Rp 684,59 miliar. Asing melancarkan aksi beli setelah tiga pekan mencatatkan net sell.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan, net buy asing turut memberikan katalis positif bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Kenaikan IHSG juga dipengaruhi faktor lain, seperti pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI baru yang direspons positif oleh pelaku pasar. Kamis sore, indeks ditutup melesat 154,54 poin atau setara 2,67% ke level 5.946,54.

“IHSG juga dipengaruhi oleh data makroekonomi domestik, data inflasi, neraca perdagangan, cadangan devisa dan ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed, yang akan mempengaruhi keputusan BI untuk mengerek suku bunga acuan kembali," kata Nafan, Kamis (24/5).

Menurutnya, investor asing akan melirik saham dari sektor-sektor yang memiliki fundamental dan prospek kinerja yang baik. “Seperti sektor keuangan, konstruksi, aneka industri, infrastruktur dan consumer goods, yang rata-rata mencatatkan kinerja baik akhir-akhir ini," paparnya.

Namun, ia belum bisa memastikan apakah investor asing akan tetap membukukan net buy hingga akhir tahun ini. Hal itu perlu dicermati secara bertahap.

“Seperti kenaikan IHSG harus step by step, minimal level resistance-nya harus konsisten di angka 6.200 - 6.400 dan nilai tukar rupiah juga diharapkan harus cenedrung stabil," imbuhnya.

Nafan menilai, net buy asing cukup berpengaruh positif terhadap investor lokal. Investor lokal mulai berani lakukan akumulasi beli terhadap saham-saham yang potensial dan dianggap murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×