kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski rupiah loyo, Ace Hardware justru kian ekspansif


Rabu, 18 Juli 2018 / 21:11 WIB
Meski rupiah loyo, Ace Hardware justru kian ekspansif
ILUSTRASI. Berburu pokemon di ACE Hardware


Reporter: Grace Olivia | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melorotnya nilai tukar rupiah sepanjang paruh pertama tahun ini tampaknya tak membuat kinerja PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) ikut terseret. Tingkat penjualan emiten ritel perkakas rumah ini hingga akhir Juni lalu masih solid. Bahkan, ACES giat memacu ekspansi dengan membuka sejumlah gerai baru.

Sepanjang semester-I 2018, ACES meraup penjualan Rp 3,3 triliun. Angka ini naik 20,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Begitu juga dengan pertumbuhan rata-rata penjualan tiap toko atau same store sales growth (SSSG) yang tumbuh 13,4% yoy.

Dalam risetnya pada 17 Juli, analis Indopremier Sekuritas Elbert Setiadharma merinci, sepanjang Juni saja, ACES membukukan penjualan Rp 663 miliar atau naik 21,4% yoy. Sementara, SSSG ikut naik 14,2% yoy.

"Toko yang berada di luar Pulau Jawa memberi kontribusi SSSG yang lebih kuat sekitar 18,1% seiring dengan kembali pulihnya harga komoditas saat ini," terang Elbert. Hal ini kian memacu penjualan dan pertumbuhan SSSG Ace Hardware sehingga tetap konsisten pada angka double-digit hingga pertengahan tahun ini.

Analis NH Korindo Sekuritas Michael Tjahjadi juga melihat, pelemahan rupiah belum memberi dampak besar terhadap penjualan maupun kinerja ACES secara keseluruhan sejauh ini. Menurut Michael, jumlah hari persediaan (inventory days) ACES yang lama juga mencerminkan banyaknya inventoris perusahaan.

Selain itu, "Kinerja penjualan ACES masih ditopang oleh ekspansi pembukaan gerai baru serta promosi-promosi yang digencarkan seperti ACES Boom Sale," tambah Michael, Rabu (18/7).

Sepanjang tahun ini, ACES telah membuka sepuluh gerai baru. Jumlah ini, menurut Elbert, telah mencapai lebih dari separuh target ekspansi ACES yaitu sekitar 15 gerai baru hingga akhir 2018. ACES memiliki total 157 gerai, termasuk gerai Ace Express.

Elbert menilai, tingkat ekspansi ACES yang tinggi berpotensi menyumbang pertumbuhan pendapatan yang lebih besar di akhir tahun nanti. Rencananya, gerai baru berikutnya akan difokuskan di Pulau Jawa, tapi di luar area DKI Jakarta. ACES juga akan menambah dua gerai Ace Express baru di separuh kedua tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×