kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencuil peluang saham emiten BUMN karya


Senin, 26 Februari 2018 / 09:44 WIB
Mencuil peluang saham emiten BUMN karya
ILUSTRASI. PT Waskita Karya Tbk WSKT


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan harga saham emiten konstruksi belakangan menarik perhatian. Hal ini lantaran adanya sentimen penghentian sementara (moratorium) proyek-proyek jalan layang (elevated) yang sedang dikerjakan. Aksi jual saham sempat terjadi pada emiten karya tersebut.

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) misalnya, selama empat hari ke belakang belum sedikit pun saham ditutup naik. Setidaknya selama tiga hari, saham ini turun dan satu hari masih dalam level tetap. Pada Jumat (23/2), saham WSKT berada di level Rp 2.850 atau turun 8,36% dari level pada Senin (19/2) pada Rp 3.110, satu hari sebelum kecelakaan terjadi.

Usai kecelakaan konstruksi layang yang terjadi di Selasa, lantas menyeret saham emiten karya lainnya. Saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) pada hari itu turun 1,99%. Kemudian, PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) bergeming dan saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI) juga merosot 0,81% hari itu. Beberapa saham, sampai dengan Jumat (23/2) juga masih merah.

Kebijakan moratorium ini dinilai hanya sentimen sementara. Lagi pula, emiten menegaskan tidak akan gangguan arus kas. Emiten lain juga optimistis, bila proyek yang dihentikan hanya sebagian kecil saja. Sebagian pelaku pasar menilai, penurunan yang terjadi ini bisa menjadi kesempatan untuk akumulasi beli. Bagaimana pergerakannya kini?

Muhammad Nafan Aji, Analis Binaartha Parama Sekuritas menyatakan, untuk saham WSKT dan ADHI dalam weekly chart masih dalam tren bullish. Dia menyarankan untuk hold kedua saham itu. WSKT saat ini, memiliki support Rp 2.680 dan resistance Rp 3.130. Sedangkan ADHI dengan support Rp 2.300 dan resistance Rp 2.600. “WSKT secara umum trennya masih naik. Apalagi pergerakan harga melampaui garis dari bearish channel,” kata Nafan kepada Kontan.co.id, Minggu (25/2).

Dia menyatakan, fundamental emiten tersebut sesuai bila untuk jangka panjang, sehingga masih cukup prospektif. Apabila sudah menunjukkan tren fase konsolidasi, disarankan bisa mulai akumulasi beli.

Moratorium pemerintah juga sifatnya temporer. Sedangkan pembangunan infrastruktur merupakan prioritas utama pemerintah. “Kami masih menantikan hasil kinerja laporan keuangan kuartal IV-2017. Proyeksi positif,” lanjut Nafan.

Sementara itu, Nafan masih merekomendasikan akumulasi saham PTPP dan WIKA. Berdasarkan perspektif teknikal weekly chart, pergerakan PTPP sudah menembus garis bearish channel. Sehingga berpotensi membentuk pola uptrend dalam jangka panjang. Selain itu, juga nampak pola three inside up candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi bullish contiunuation.

Pada WIKA, dari perspektif teknikal weekly chart terlihat pergerakan downtrend dan mulai terbatas. Sebab, harga sudah berada pada garis MA 20. Dengan demikian, diharapkan agar fase akumulasi sudah terbentuk uptrend ke depannya.

Nafan merekomendasikan akumulasi beli PTPP dengan target harga jangka pendek pada level Rp 3.320 serta target harga jangka panjang pada level Rp 3.670. Untuk WIKA, dia merekomendasikan buy on weakness pada area MA 20 atau garis fibonacci 61,8% pada level Rp 1.850. Dengan target harga jangka pendek maupun jangka menengah pada level Rp 2.070 dan Rp 2.360. “Adapun level Rp 2.650 merupakan target harga jangka panjang,” kata dia.

Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia menyatakan, sekitar tiga hari ke depan, pelaku pasar akan fokus pada rilis laporan keuangan 2017. Diprediksi pemerintah juga akan membayar proyek infrastruktur ke emiten. Diperkirakan pada pekan depan, sektor ini sudah mulai rebound. “Sebaiknya beli dalam sepekan depan,” kata Bertoni kepada Kontan.co.id, Minggu (25/2).

Secara harian, dia merekomendasikan buy on weakness saham infrastruktur. Sektor ini pun ideal untuk jangka menengah dan panjang. Sebab, dalam lima tahun ke depan, sektor ini pun diprediksi masih terus bertumbuh, seiring dengan pembangunan infrastruktur dari hulu ke hilir.

Dalam hitungan Bertoni, saat ini ADHI memiliki support Rp 2.320 dan resistance Rp 2.550, PTPP dengan support Rp 3.090 dan resistance Rp 3.300, WSKT dengan support Rp 2.790 dan resistance Rp 3.300, WIKA dengan support Rp 1.900 dan resistance Rp 2.100. “PTPP punya potensi upside paling baik sekitar 10%,” ujar Bertoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×