kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk Indonesia, pialang asing belum tentu bisa pertahankan biaya murah


Kamis, 22 Februari 2018 / 19:30 WIB
Masuk Indonesia, pialang asing belum tentu bisa pertahankan biaya murah
ILUSTRASI. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ)


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren biaya murah yang ditawarkan pialang asing dalam bursa perdagangan berjangka sepertinya sulit untuk diterapkan di Tanah Air. Jika nantinya pemerintah benar-benar membuka sebagian daftar negatif investasi untuk pialang asing dalam transaksi Sistem Perdagangan Alternatif (SPA), pola tersebut belum tentu bisa diterapkan.

Kadjati, Direktur Kepatuhan PT Asia Tradepoint Futures mengatakan, selama ini pialang asing bisa menerapkan biaya yang murah karena mereka tidak didaftarkan di bursa. Menurutnya jika masuk ke Indonesia dan akhirnya harus didaftarkan di bursa, otomatis mereka harus mengeluarkan biaya lebih.

“Mereka kan dianggap ilegal karena gak didaftarkan ke bursa,” ungkapnya kepada Kontan.co.id.

Ia pun mengaku tak khawatir akan timbulnya persaingan usaha yang lebih berat. Kalaupun pemain asing masuk, pemain lokal masih tetap menjadi tuan rumah. Jika akhirnya disetujui pelaku asing hanya bisa masuk dengan porsi sekitar 40% saja. Sementara pemain lokal tetap diuntungkan karena bisa berbagi pengetahuan.

Kemudian terkait produk asing yang lebih leluasa menawarkan kontrak dengan volume mikro, ia tetap berharap regulator bisa menerapkan aturan yang sama. Selama ini di Indonesia pialang lokal hanya bisa menawarkan kontrak dengan porsi mini saja.

“Kalau mau fair di dalam negeri juga harus dibuka mikro supaya seimbang persaingannya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Bappebti memutuskan akan mencabut pembatasan perizinan SPA yang dibatasi sejak tahun 2014. Dengan pembukaan tersebut diharapkan bisa membuka peluang asing yang selama ini dianggap sebagai pemain ilegal untuk masuk secara resmi. Saat ini Bappebti sedang menanti Keputusan Presiden tentang usulan agar asing bisa masuk ke perusahaan pialang hingga 40%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×