kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Berkshire Hathaway Buffet melonjak terdorong ekonomi AS


Senin, 06 Agustus 2018 / 07:23 WIB
Laba Berkshire Hathaway Buffet melonjak terdorong ekonomi AS
Logo Berkshire Hathaway.


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Berkshire Hathaway Inc, konglomerat yang dijalankan oleh miliarder Warren Buffett, pada hari Sabtu (48) mengatakan laba operasi kuartalan naik 67%, karena underwriting asuransi rebound dan beberapa unit bisnis mendapat manfaat dari pertumbuhan ekonomi.

Hasil itu melampaui perkiraan analis. Keuntungan underwriting di unit asuransi mobil Geico lebih dari lima kali lipat, kereta api BNSF mendapat manfaat dari permintaan untuk mengirimkan produk konsumen, biji-bijian, minyak bumi dan baja, serta dealer mobil Berkshire Hathaway Automotive membiayai lebih banyak pembelian kendaraan.

"Hasil yang baik di seluruh papan," kata Doug Kass, yang mengelola dana lindung nilai Seabreeze Partners Management Inc di Palm Beach, Florida. Dia sebelumnya menjual saham Berkshire pendek karena menduga akan terjadi penurunan, tetapi batal melakukannya sekarang.

Berkshire juga mengatakan laba bersih kuartal kedua meningkat hampir tiga kali lipat, meskipun itu mencerminkan aturan akuntansi baru yang mengharuskannya melaporkan keuntungan investasi yang belum direalisasi dengan laba. Buffett mengatakan aturan itu mendistorsi hasil bersih dan dapat menyesatkan investor.

Laba operasional naik menjadi US$ 6,89 miliar, sekitar US$ 4,190 per saham Kelas A dari US$ 4,12 miliar. Ini berarti naik US$ 2,505 per saham dari setahun sebelumnya.

Analis memperkirakan laba operasi rata-rata US$ 3,387 per saham, menurut Thomson Reuters.

Penghasilan bersih naik menjadi US$ 12,01 miliar, atau US$ 7.301 per saham Kelas A dari US$ 4,26 miliar. Artinya naik US$ 2,592 per saham dibanding setahun sebelumnya.

Hasil ini juga mencerminkan penurunan tingkat pajak penghasilan efektif Berkshire menjadi 20% dari 28,9%, mengikuti pemotongan tahun lalu dalam tarif pajak perusahaan federal.

Berkshire berbasis di Omaha, Nebraska, dan memiliki lebih dari 90 bisnis dalam asuransi, bahan kimia, energi, makanan dan ritel, suku cadang industri, kereta api dan sektor lainnya.

Operasi sehari-hari mereka diawasi oleh Greg Abel dan Ajit Jain, masing-masing dilihat oleh investor sebagai kemungkinan pengganti Buffett (87 tahun) sebagai kepala eksekutif. Buffett dan Wakil Ketua Charlie Munger (94 tahun) menangani keputusan alokasi modal utama.

Bertaruh ke Apple

Nilai buku per saham Kelas A, mencerminkan aset dikurangi kewajiban dan ukuran pertumbuhan yang lebih disukai oleh Buffett, naik 3% pada kuartal ke US$ 217.677.

Berkshire juga mengakhiri Juni dengan US$ 111,1 miliar uang tunai dan setara kas, beberapa di antaranya dapat digunakan Buffet untuk membeli kembali saham di bawah kebijakan baru dan Munger lebih bebas untuk membeli kembali saham yang mereka anggap terlalu murah.

Perubahan ini mencerminkan ketidakmampuan Buffett untuk menemukan akuisisi besar sejak Januari 2016 ketika Berkshire membayar US$ 32,1 miliar atas pabrik komponen pesawat Precision Castparts.

Buffett belum membeli kembali saham pada 2018, tetapi telah menghabiskan uang untuk belanja saham. Berkshire mengatakan itu akhir Juni dengan saham US$ 47,2 miliar di Apple Inc. Harga saham Apple pada saat itu menunjukkan bahwa Berkshire mungkin telah membeli sekitar 15 juta saham Apple pada kuartal kedua, menambah 239,6 juta yang sudah dimiliki.

Pembuat iPhone tersebut minggu ini menjadi perusahaan pertama yang terdaftar di AS yang nilai pasar sahamnya mencapai US$ 1 triliun.

Berkshire telah menghabiskan US$ 6,08 miliar pada ekuitas di kuartal ini. 

Saham Kelas A Berkshire ditutup Jumat di US$ 304.671, atau 7% di bawah puncak 29 Januari, sementara saham Kelas B ditutup pada US$ 200,24, atau 8% di bawah puncaknya pada hari yang sama.

GEICO, BNSF

Keuntungan bisnis underwriting asuransi mencapai US$ 943 juta, dibandingkan dengan kerugian tahun sebelumnya US$ 22 juta. Laba underwriting sebelum pajak Geico naik menjadi US$ 673 juta dari US$ 119 juta, setelah menaikkan tarif sebagai tanggapan atas meningkatnya kecelakaan dan kerugian badai.

Float, atau premi asuransi yang dikumpulkan sebelum klaim dibayarkan dan yang membantu mendanai pertumbuhan Berkshire, berakhir Juni pada US$ 116 miliar.

Laba BNSF melonjak 37% menjadi US$ 1,31 miliar karena pertumbuhan ekonomi menyebabkan lebih banyak pengiriman barang-barang konsumsi, dan permintaan pupuk, biji-bijian, produk minyak bumi, plastik, pasir dan baja.

Keuntungan dari manufaktur, layanan dan unit ritel naik 29%, mencerminkan permintaan di Precision Castparts, Berkshire Hathaway Automotive, dan unit aksesoris motor Jerman Detlev Louis Motorrad.

Sementara itu, kredit pajak untuk pembangkit listrik tenaga angin membantu meningkatkan laba 14% di Berkshire Hathaway Energy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×