kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimia Farma terbitkan MTN tahap I Rp 400 miliar


Selasa, 24 Oktober 2017 / 19:27 WIB
Kimia Farma terbitkan MTN tahap I Rp 400 miliar


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersiap menerbitkan medium term notes (MTN) tahap I senilai Rp 400 miliar, sekaligus menunjuk agen pemantau MTN. KAEF telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan pihak arranger pada 13 September 2017.

Pihak arranger tersebut diantaranya PT BNI Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Indo Premier Securities dan PT Bank Negara Indonesia Tbk selaku agen pemantau.

Adapun penerbitan MTN tahap I tahun 2017 memiliki sejumlah syarat. Diantaranya yakni penerbitan MTN tersebut dengan clean basis atau tanpa jaminan. Selain itu, MTN memiliki jangka waktu tiga tahun dengan pembayaran kupon bunga sebesar 8,1% per tahun yang akan dibayarkan setiap tiga bulan.

Per 31 Desember 2016, KAEF memiliki nilai ekuitas sebesar Rp 2,27 triliun. Artinya, penerbitan MTN tahap I tersebut merupakan 17,61% dari ekuitas KAEF. Dengan demikian tidak mencapai nilai material yang telah ditentukan.

Arief Pramuhanto, Direktur Umum dan Human Capital KAEF menyatakan, penerbitan MTN tersebut akan digunakan untuk pengembangan usaha dan pelunasan sebagian pinjaman perusahaan yang sudah jatuh tempo.

"Dengan demikian, setelah penerbitan MTN Tahap 1 tahun 2017 tersebut, perusahaan memiliki sumber pendanaan untuk pengembangan yang direncankaan perusahaan pada masa yang akan datang," terang Arief dalam keterbukaan informasi BEI, Selasa (24/10).

Penerbitan MTN tersebut sekaligus menambah liabilitas perusahaan. Besarnya seiring dengan sebesar pokok dan bunga sesuai dengan jumlah MTN yang diterbitkan. "Di lain pihak, kas perusahaan akan meningkat dengan jumlah penerbitan MTN setelah dikurangi dengan biaya penerbitannya," tambahnya.

Total penerbitan MTN KAEF tersebut bernilai Rp 1 triliun. Namun, KAEF menerbitkan secara bertahap. Tahap pertama ini, akan diterbitkan sebesar Rp 400 miliar. Selanjutnya, KAEF akan menerbitkan sebesar Rp 600 miliar pada kuartal I-2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×