kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kian mudah beli emas batangan


Rabu, 19 Juli 2017 / 11:00 WIB
Kian mudah beli emas batangan


Reporter: Danielisa Putriadita, Tane Hadiyantono | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Ingin menambah portofolio emas batangan Anda? Kini membeli emas batangan semakin mudah. Seiring dengan semakin maraknya perdagangan online, para produsen emas pun kini mulai menjajakan emas via online.

Kemarin (18/7), Bukalapak melakukan grand launching BukaEmas. Ini fitur khusus untuk transaksi logam mulia. Melalui situs e-commerce tersebut, konsumen dapat menjual dan membeli emas. Kami berharap masyarakat di kota besar dan daerah dapat membeli emas secara online dengan mudah dan terjangkau," kata Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak, dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Selasa (18/7).

BukaEmas merupakan hasil kerjasama Bukalapak dengan PT Sinar Rezeki Handal (Indo Gold). Sejak diluncurkan Juni 2017 lalu, Bukalapak mengklaim pengguna BukaEmas mencapai 110.000 pengguna.

Yang menarik, BukaEmas menawarkan emas mulai ukuran 5 miligram. Tapi emas tersebut baru bisa ditarik bila jumlahnya sudah mencapai 0,5 gram. Selama belum mencapai jumlah tersebut, emas disimpan di brankas Bukalapak. Konsumen juga baru bisa menjual emas bila sudah sebesar 0,5 gram.

Kepingan emas yang dibeli dapat dikirim langsung ke alamat rumah. Emas batangan tersebut merupakan produk resmi dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Antam siapkan aplikasi

Harga emas yang ditawarkan BukaEmas diklaim juga lebih murah ketimbang Antam. Berdasarkan pantauan KONTAN, harga beli emas di BukaEmas pada pukul 15.00 WIB kemarin Rp 568.560 per gram. Harga emas di Butik Emas Logam Mulia Antam senilai Rp 587.000 per gram.

Antam juga berencana memasarkan emas batangan secara online. Antam bakal membuat aplikasi jual beli emas yang tersedia untuk ponsel Android dan iOS.

Research & Business Development Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Emas Logam Mulia (UBPP LM) Antam Ilham Iskandar menjelaskan, aplikasi jual beli tersebut berbasis konsep blog chain. "Blog chain itu basisnya cryptocurrency, seperti bitcoin, sistem pencatatan dan keamanan lebih rumit daripada database biasa," jelas Ilham saat dihubungi KONTAN, Selasa (18/7).

Awalnya, opsi pembelian online ini belum mampu mengeluarkan emas secara fisik. "Tapi ke depannya, bila ada yang ingin beli sekian gram dan ingin dikirim, maka bisa diurus," jelas Ilham.

General Manager UBPP LM Antam, Dodi Martimbang mengatakan, saat ini permintaan emas kian tinggi. Bahkan, beberapa butik emas ANTAM kerap mengalami sold out.

Penjualan emas Antam sepanjang Ramadan lalu juga meningkat. Produk emas yang paling banyak terjual adalah emas batangan dengan pecahan 1 gram, 5 gram dan 10 gram. Selain itu, emas perhiasan, berupa kalung dan bezel alias pigura untuk kalung emas, juga menjadi pilihan favorit. "Perhiasaan bezel sudah habis dari tiga bulan lalu," kata Dodi.

Deddy Yusuf Siregar, analis Asia Tradepoint Futures, mengatakan, prospek harga emas Antam hingga akhir tahun ini cenderung masih melemah. Harga emas batangan berpotensi menyentuh Rp 580.000 per gram. Permintaan emas Antam akan naik di saat harganya murah.

Maka tak heran bila perusahaan e-commerce banyak yang menjajakan emas Antam. Tapi Deddy menyarankan investor yang ingin berinvestasi emas bisa memulai dengan membeli emas langsung melalui kantor atau perwakilan resmi Antam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×